Kenapa Katak Bersuara Nyaring Setelah Hujan? 

Kenapa Katak Bersuara Nyaring Setelah Hujan? 

Terkini | inews | Rabu, 23 Oktober 2024 - 10:56
share

JAKARTA, iNews.id - Kenapa katak bersuara nyaring setelah hujan? Apakah benar ada kaitannya dengan cara katak mengucap syukur kepada Tuhan karena sudah menurunkan hujan?

Banyak orang juga beranggapan kalau katak bersuara nyaring setelah hujan itu menandakan ajakan untuk kawin. Ya, katak mengeluarkan suara kencang untuk mencuri perhatian katak lain. 

Dari dua anggapan itu, mana jawaban yang benar? 

Alasan Katak Bersuara Nyaring Setelah Hujan

Menurut laman Frog Pets, katak yang bersuara nyaring setelah hujan itu adalah katak jantan dan dia mengeluarkan suara tersebut karena ingin menarik perhatian katak betina. 

"Hujan itu kondisi yang optimal bagi katak betina untuk bertelur di kolam air tawar. Jadi, momen setelah hujan dipergunakan katak untuk berkembang biak," ungkap laporan laman tersebut, dikutip Rabu (23/10/2024). 

Katak diketahui sangat menyukai cuaca yang lembap dan basah, dan hujan menciptakan kelembapan yang paling disukai katak, pun hewan amfibi lainnya. 

Seperti dijelaskan sebelumnya, katak menyukai cuaca lembap untuk berkembang biak. Selain cuaca, siklus perkembangbiakan katak juga dipicu oleh banyaknya air maupun makanan yang dimiliki. 

Selain karena ajakan untuk kawin,  katak akan berkotek setelah hujan sebagai bentuk ungkapan rasa bahagia. Sebab, setelah hujan, udara akan menjadi lembap. Lalu, hujan juga membuat serangga jatuh ke tanah, memicu cacing keluar dan ini adalah makanan yang lezat untuk katak. 

"Jadi, katak bersuara nyaring setelah hujan karena mereka sedang bahagia. Bukan hanya karena lingkungannya jadi lembap, tapi sumber makanan mereka berlimpah," ungkap laporan tersebut. 

Fakta menarik lainnya dari suara katak ini adalah penanda datangnya bencana serius. Percaya atau tidak, suara katak yang kencang sebelum hujan turun diyakini sebagai tanda datangnya badai. 

"Katak mendeteksi perubahan cuaca, dan untuk memberi isyarat itu mereka bersuara kencang," ungkap laporannya. 

Jadi, itu dia alasan katak berkotek setelah hujan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik