Operasional Flyover Ciroyom Bandung Resmi Dibuka Hari Ini

Operasional Flyover Ciroyom Bandung Resmi Dibuka Hari Ini

Terkini | inews | Rabu, 23 Oktober 2024 - 11:19
share

BANDUNG, iNews.id - Operasional Flyover Ciroyom, Kota Bandung resmi dibuka mulai Rabu (23/10/2024) hari ini. Jalan layang tersebut bisa dilintasi kendaraan motor maupun mobil.

Pantauan iNews, sejumlah rambu lalu lintas, lampu penerangan dan pagar pengaman flyover sepanjang 700 meter telah terpasang untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas.

Saat dibuka, sejumlah kendaraan langsung melintas baik dari arah Jalan Nurtanio, Jalan Arjuna maupun Jalan Pajajaran.

"Alhamdulillah pagi ini berdasarkan informasi dari Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Bandung kelaikan jalan sudah bisa dipakai kemudian juga beberapa aksesoris dan keamanan sudah diselesaikan," ujar Penjabat Wali Kota Bandung A Koswara, Rabu (23/10/2024). 

Kang Kos-sapaan akrabnya mengatakan, penambahan sejumlah rambu akan dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung.

"Secara fungsional ini sudah bisa dipakai. Nanti akan ditambah rambu-rambu lalu lintas yang diperlukan," katanya.

Menurut Kang Kos, pemasangan rambu-rambu akan dilakukan di bawah Flyover Ciroyom untuk memudahkan masyarakat yang hendak melintas. 

Dia berharap dengan pembukaan Flyover Ciroyom, pelintasan kereta Ciroyom bakal ditutup permanen oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Sebab intensitas kereta feeder kereta cepat melintas cukup banyak di jalur tersebut.

"Kereta feeder yang melintas di jalur perlintasan Ciroyom mencapai 67 kali per hari," ucapnya.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Bandung Endang Setiawan mengatakan, flyover Ciroyom sempat tidak difungsikan pascadibangun karena terlebih dahulu memenuhi persyaratan dan kelaikan fungsi jalan serta memenuhi rambu-rambu lalu lintas. 

Endang mengingatkan masyarakat yang hendak melintas di Flyover Ciroyom menggunakan kecepatan tidak lebih dari 40 kilometer per jam sehingga diharapkan tidak terjadi kecelakaan lalu lintas.

Diketahui, Flyover Ciroyom dibangun sejak 2022 dan selesai pada awal 2024. Flyover ini sempat dilintasi kendaraan walaupun belum diresmikan dan dibuka. Akibatnya sempat terjadi beberapa kali kecelakaan lalu lintas di flyover tersebut.

Topik Menarik