Daftar Lengkap Ajudan Presiden Prabowo, Perwira Top dari TNI dan Polri

Daftar Lengkap Ajudan Presiden Prabowo, Perwira Top dari TNI dan Polri

Terkini | inews | Rabu, 23 Oktober 2024 - 13:11
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Prabowo Subianto mendapatkan empat ajudan yang bakal mendampinginya selama memimpin Indonesia. Empat ajudan itu berasal dari tiga matra TNI dan Polri.

Mereka adalah Kolonel (Pnb) Anton Palaguna dari TNI Angkatan Udara, Kolonel Wahyo Yuniartoto dari TNI Angkatan Darat dan Letkol (P) Romi Habe Putra dari TNI Angkatan Laut, serta Kombes Pol Ahrie Sonta dari Polri.

Dari TNI AD, ada Kolonel Infanteri Wahyo Yuniartoto. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memastikan Wahyo telah menyisihkan beberapa kandidat lainnya.

"Iya, ada beberapa yang diseleksi, tapi hanya dia yang terpilih," ujar Maruli saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024).

Kolonel Wahyo adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 2001. Dia terakhir menjabat Komandan Grup 2 Komando Pasukan Khusus (Kopassus), salah satu satuan elite TNI AD.

Sementara dari TNI AL yakni Letkol Laut (P) Romi Habe Putra. Sebelumnya, Romi menjabat Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366, kapal perang yang dikenal dengan kemampuan tempurnya.

Romi adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 2002 dan menjadi lulusan terbaik dalam Penutupan Pendidikan Kematraan 3 TNI AL Angkatan Ke-12.

Lalu dari TNI AU, Kolonel Penerbang Anton "Sioux" Palaguna dipilih sebagai calon ajudan Presiden. KSAU Marsekal TNI Tonny Harjono membenarkan kabar tersebut.

"So far, iya, Anton Palaguna yang terpilih. Dia penerbang Sukhoi dan F-16, dulu saya yang mengajarnya," kata Tonny.

Terakhir ada Kombes Pol Ahrie Sonta dari perwakilan Polri. Ahrie Sonta telah melalui tahap seleksi dari Korps Bhayangkara.

Ahrie Sonta sebelumnya dikenal sebagai Sekretaris Pribadi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Topik Menarik