Pramono Anung Janji Alokasikan Rp300 Miliar APBD Jakarta untuk Dana Hibah UMKM

Pramono Anung Janji Alokasikan Rp300 Miliar APBD Jakarta untuk Dana Hibah UMKM

Terkini | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 18:04
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung menawarkan solusi dana hibah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan warga yang hendak membuka usaha. Dia berjanji menganggarkan Rp300 miliar dari APBD Jakarta untuk para pelaku UMKM.

"Ada penjual bubur kurang lebih sudah 21 tahun namanya Mas Deni salah satu pelaku usaha yang swadaya sendiri, apa program Mas Pram bagi warga yang hendak berusaha misalnya UMKM dalam bentuk KUR dan sebagainya agar kondisi ekonomi bisa lebih baik ke depan?" tanya warga Rusun Tanah Abang bernama Fredrik kepada Pramono, Kamis (24/10/2024).

Menanggapi pernyataan itu, Mas Pram sudah mengetahui masalah utama UMKM yakni terkendala permodalan. Sehingga dia menawarkan solusi dana hibah UMKM dari APBD senilai Rp300 miliar.

"Maka di dalam program saya punya akan mengalokasikan dari dana APBD yang ada untuk hibah bagi UMKM sebesar Rp300 miliar," ucapnya.

Dia menuturkan, dana itu dapat digunakan sebagai modal para pelaku UMKM maupun warga yang hendak membuka usaha. Dia berharap dana itu dapat menjawab permasalahan angka pemutusan hubungan kerja (PHK)  di Jakarta yang tinggi pada 2024.

"Saya berhitung kalau saya mengeluarkan modal dari Pemprov sebesar Rp300 miliar, maka akan jadi dana baru bagi UMKM yang ada di Jakarta termasuk tadi Bung Deni saya tahu buburnya dulu saya pernah makan," kata dia.

Pram menegaskan dana hibah ini tidak diberikan cuma-cuma alias gratis, melainkan harus ada bentuk tanggung jawab dari pelaku usaha nantinya. Sebab, dana hibah dikucurkan untuk menstimulasi sebagai bentuk perlindungan pemerintah kepada warga.

"Ini bagian dari perputaran untuk membantu stimulasi supaya warga UMKM yang membutuhkan ada perlindungan dari pemerintah," ucap dia.

Topik Menarik