STY Dibebaskan Pilih Skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF, Arhan hingga Maarten Paes Potensi Dipanggil

STY Dibebaskan Pilih Skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF, Arhan hingga Maarten Paes Potensi Dipanggil

Olahraga | inews | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 07:03
share

JAKARTA, iNews.id- Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga menyebut pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dibebaskan memilih pemain untuk Piala ASEAN 2024 atau Piala AFF 2024. Bahkan Shin Tae-yong berpotensi memanggil Pratama Arhan hingga Maarten Paes.

Arya menegaskan PSSI akan menyediakan pemain sesuai kebutuhan Shin Tae-yong. Dia menyatakan kalau PSSI juga tidak akan ikut campur soal pemilihan pemain.

“(Pokoknya) PSSI menyediakan pemain-nya silahkan pelatih memilih mana yang dia mau, tetap (pemilihan) ada di kewenangannya STY,” kata Arya, Kamis (24/10/2024).

“Jadi kita kita gak akan intervensi, seperti harus gunakan pemain muda dari Liga 1 atau tidak. Pokoknya pemain disiapkan semua silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan yang ada,” sambungnya.

Lebih lanjut, Arya juga menyampaikan ada kemungkinan pemain abroad bakal masuk dalam skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2024. Namun kembali lagi, semua itu akan bergantung pada klub yang dihuni oleh pemain tersebut.

“Kalau diperbolehkan sama klubnya kenapa engga? tapi apakah sesuai kebutuhan dengan STY? kita kan gak tahu juga, tergantung STY,” terang Arya.

Soal peluang pemain abroad memperkuat Timnas Indonesia memang cukup terbuka. Terkhusus bagi pemain yang merumput di kompetisi Asia seperti Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, dan Pratama Arhan. 

Kemudian juga Maarten Paes sangat berpeluang untuk merapat ke Timnas Indonesia karena sudah tidak memiliki agenda. Pasalnya, Major League Soccer masuk libur kompetisi.

Piala AFF 2024 akan dimulai pada 8 Desember 2024 sampai 5 Januari 2025. Timnas Indonesia tergabung dalam Grup B bersama Myanmar, Filipina, Laos, dan Vietnam.

Topik Menarik