Pohon Tumbang di Stasiun Malang, Warga dan Penumpang Kereta Sempat Panik

Pohon Tumbang di Stasiun Malang, Warga dan Penumpang Kereta Sempat Panik

Terkini | inews | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 13:38
share

MALANG, iNews.id - Sebuah pohon trambesi berukuran besar roboh di Stasiun Malang Kota Baru. Pohon setinggi 10 meter dengan diameter lebar mencapai 1 meter tumbang menimpa satu bangunan warung, Jumat (25/10/2024) pukul 10.00 WIB.

Selain merusak bangunan warung di deretan Stasiun Malang Kota, satu unit mobil dan dan roda dua motor juga terdampak pohon yang roboh. Kejadian ini sempat membuat panik warga maupun penumpang kereta.

Tak lama berselang datang petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan BPBD Kota Malang langsung bertindak usai menerima laporan darı warga. Petugas memotong pohon tumbang yang menimpa warung milik Supriadi warga Jalan Kyai Tamin, Gang 5, Klojen.

Saksi mata Ahmad Al Hisam mengatakan,  robohnya pohon ini berawal darı pemotongan ranting-ranting oleh Bidang Penerangan Jalan darı Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang. Pemotongan ranting-ranting pohon itu dilaksanakan pukul 10.00 WIB agar tidak menutupi lampu penerangan jalan yang ada.

"Yang dipotong cuma satu sisi saja, yang sisi satunya nggak dipotong, otomatis pohonnya roboh ke sini (ke arah timur) sampai tercabut akarnya," ujar Ahmad Al Hisam, Jumat (25/10/2024).

Dia menambahkan, saat kejadian itu ada satu mobil dan beberapa unit motor berada di lokasi. Sementara dalam warung itu ada tiga orang yang sedang makan dibuat panik saat pohon roboh dan menimpa bangunan.

"Cuaca cerah, cuma angin agak kencang. Pohon tumbang menimpa warung, mobil, motor. Waktu itu yang lagi makan tiga orang, tidak kenapa-kenapa, langsung menyelamatkan diri," katanya.

Sementara mobil mengalami kerusakan di bagian kap depannya. Mobil ringsek tertimpa dahan pohon besar. Robohnya pohon juga tak membuat aktivitas stasiun terganggu.

Sebab ada jarak 7 meter antara bangunan warung yang rusak dengan bagian dalam stasiun. Tapi sempat terjadi kepanikan warga sekitar dan penumpang kereta api yang akan berangkat dan tiba. Petugas gabungan hingga pukul 13.05 WIB, masih melakukan evakuasi pohon yang tumbang dekat pintu keluar stasiun.

Topik Menarik