6 Oleh-oleh khas Cepu, Nomor 4 Jajanan Tradisional Terbuat dari Labu Kuning

6 Oleh-oleh khas Cepu, Nomor 4 Jajanan Tradisional Terbuat dari Labu Kuning

Terkini | inews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 04:01
share

JAKARTA, iNews.id - Cepu, daerah yang terkenal dengan kekayaan alam ini juga menawarkan beragama oleh-oleh khas yang dapat patut dicoba. Ada 6 oleh-oleh khas Cepu yang bisa menjadi buah tangan untuk teman maupun kerabat usai berlibur.

Cepu merupakan kecamatan di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah yang  terletak di perbatasan dengan provinsi Jawa Timur, dan dilewati jalan yang menghubungkan Surabaya. 

6 Oleh-oleh Khas Cepu

1. Egg Roll 

Egg Roll merupakan salah satu oleh-oleh khas Cepu yang terkenal, berbentuk seperti pipa dan mirip dengan kue semprong. Biasanya, egg roll ini lebih nikmat jika dinikmati bersama secangkir teh.

Egg Roll memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah hancur. Egg roll ini diberi variasi rasa dengan bahan-bahan alami seperti labu kuning, ubi ungu, durian dan pisang yang membuat rasanya semakin lezat.

2. Kecimpring Waluh

Kecimpring merupakan jenis keripik yang biasanya terbuat dari singkong, namun di Cepu, bisa menemukan kecimpring yang menggunakan waluh atau labu kuning sebagai bahan dasarnya. 

Keripik ini memiliki tekstur yang lebih empuk dan renyah dibandingkan dengan kecimpring singkong. Terdapat dua varian rasa kecimpring waluh, yaitu rasa original asin dan pedas, keduanya sama-sama lezat dan cocok untuk camilan selama perjalanan.

3. Sirop Lidah Buaya

Di Cepu, penduduk setempat mengolah daun lidah buaya menjadi sirop yang menyegarkan. Lidah buaya biasanya dipergunakan sebagai salah satu bahan skincare atau kosmetik, namun di Cepu dapat menjadi minuman dan oleh-oleh yang enak dan menyegarkan.

Sirop ini terbuat dari gula pasir murni tanpa tambahan pemanis buatan. Cara menyajikannya pun sangat mudah, cukup tambahkan air dan es batu. Selain itu, sirop ini juga tersedia dalam varian rendah kalori bagi yang ingin mengurangi gula.

4. Stik Waluh

Stick waluh merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari labu kuning dan berbentuk persegi panjang. Selain sebagai camilan untuk pengganjal perut, stick waluh juga bisa menjadi oleh-oleh yang praktis karena biasanya sudah dikemas dengan rapi.

Selain enak stick waluh ini memiliki banyak manfaat, yaitu mengandung vitamin A serta beta karoten serta rasa yang manis dan gurih, stik waluh banyak digemari semua kalangan, baik anak-anak, remaja hingga orang tua.

5. Brownies Waluh

Brownies waluh merupakan jenis brownies yang menggunakan labu kuning sebagai bahan utama, memberikan rasa yang tidak terlalu manis, kaya serat dan rendah gula. Brownies waluh dikenal karena penggunaan labu kuning yang membuatnya berbeda dari brownies biasa serta lebih sehat.

6. Gapit Dolar Waluh

Gapit Dolar Waluh merupakan camilan renyah dan gurih yang terbuat dari labu kuning. Produk ini berasal dari Cepu, Blora, Jawa Tengah dan dikenal karena rasa gurih bawang serta tekstur renyahnya. 

Gapit Dolar Waluh tidak menggunakan tambahan pewarna makanan, sehingga warnanya alami dari labu kuning. Gapit dolar waluh ini sering dijadikan oleh-oleh karena rasanya yang enak. 

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Cepu yang patut dicoba saat berkunjung ke daerah tersebut. Oleh-oleh yang lezat dan nikmat ini juga bisa menjadi hadiah istimewa untuk orang-orang tersayang.

Topik Menarik