Prabowo Bangga 6 Peraih Adhi Makayasa Masuk Kabinet Merah Putih

Prabowo Bangga 6 Peraih Adhi Makayasa Masuk Kabinet Merah Putih

Terkini | inews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 08:53
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Prabowo Subianto mengaku bangga ada lulusan terbaik atau peraih Adhi Makayasa menduduki jabatan di Kabinet Merah Putih. Kebanggaan itu disampaikan Prabowo saat acara Jamuan Santap Malam Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (25/10/2024).

“Di kabinet saya, terdiri juga dari beberapa alumni dan saya bersyukur, saya beruntung saya mendapat alumni yang terbaik yang masuk kabinet saya,” kata Prabowo.

Dia mengatakan, terdapat enam peraih Adhi Makayasa dalam kabinetnya. Sebanyak dua di antaranya dari kepolisian. 

Prabowo tak spesifik menyebut kedua nama itu. Namun diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) 1987 dengan predikat Adhi Makayasa. 

"Dua-duanya masih mengabdi kepada negara dan bangsa," kata Prabowo.

Sementara empat peraih Adhi Makayasa lainnya berasal dari TNI, yakni Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Herindra (Adhi Makayasa Akmil 1987), Wakil Menteri Pertahanan Donny Ermawan Taufanto (Adhi Makayasa Akademi Angkatan Udara 1988), Menteri Transmigrasi Iftitah Sulaiman (Adhi Makayasa Akmil 1999), dan Menteri Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (Adhi Makayasa Akmil 2000).

"Kemudian dari TNI empat juga saya minta berdiri," kata Prabowo.

Prabowo mengaku juga bangga memiliki lulusan terbaik Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI di kabinetnya, yakni Penasihat Khusus Presiden bidang Politik dan Keamanan Wiranto, Penasihat Khusus Presiden bidang Pertahanan Nasional Dudung Abdurachman, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak.

"Lulusan terbaik sesko, kepala komandan divisi Pak Wiranto hadir bintang empat, Pak Dudung bintang empat, Pak Agus Subiyanto bintang Empat, Pak Maruli beliau bintang empat dan juara judo Asia Tenggara. Satu-satunya perwira yang digendong oleh presiden republik Indonesia Prabowo Subianto. Di sini juga KSAL Pak Muhammad Ali, KSAU Pak Tonny (Tonny Harjono) penerbang Sukhoi," tandasnya.

Topik Menarik