Harmoni Global Resmi Dibuka, Pertunjukan Seni-Kuliner Indonesia Diserbu Masyarakat Riyadh 

Harmoni Global Resmi Dibuka, Pertunjukan Seni-Kuliner Indonesia Diserbu Masyarakat Riyadh 

Terkini | inews | Minggu, 27 Oktober 2024 - 06:09
share

RIYADH, iNews.id - Program Harmoni Global yang diinisiasi Kementerian Media Arab Saudi di Suwaidi Park, Kota Riyadh resmi dibuka, Sabtu (26/10/2024) malam.  

Acara yang digelar hasil kerja sama dengan Otoritas Hiburan Umum itu dimeriahkan dengan atraksi budaya. Indonesia yang turut serta dalam program Harmoni Global tersebut menampilkan tarian tradisonal dari Jawa Barat, Bali, dan Papua. 

Atraksi seni budaya Indonesia itu menyedot perhatian dari para pengunjung khususnya masyarakat Kota Riyadh. Mereka tampak antusias menyaksikan beragam tarian tradisional Indonesia. 

Selain pertunjukan seni, stan kuliner dan kerajinan Indonesia juga paling ramai dikunjungi masyarakat Riyadh. Beragam sajian kuliner khas Indonesia seperti nasi goreng, siomay, batagor, nasi padang hingga es cendol laris diborong para pengunjung. 

Hal sama juga dijumpai di stan kerajinan khas Indonesia. Beragam kerajinan tangan seperti wayang golek, kipas, blangkon, topi anyaman bambu hingga pakaian batik dan tenun laris manis diserbu masyarakat Riyadh. 

Penjaga stan kerajinan Indonesia, Nina Agustina mengatakan, respons masyarakat Riyadh sangat tinggi terhadap karya kerajinan tangan dari Tanah Air. 

"Alhamdulillah tabarakallah, respons masyarakat Riyadh sangat luar biasa. Paling banyak dicari itu kipas sampai kehabisan stok. Selain itu, golek. Mereka takjub ternyata bisa digerakkan tangannya," kata perempuan asal Sukabumi, Jawa Barat itu. 

Nina yang sudah belasan tahun bekerja di Kota Riyadh itu mengaku sangat senang dengan hadirnya program Harmoni Budaya yang digelar Kementerian Media Kerajaan Arab Saudi. 

"Bagus sekali. Acara ini tidak hanya mempromosikan seni dan budaya Indonesia, tapi juga bisa mengetahui budaya negara lainnya," ujar Nina yang bekerja sebagai freelance di Kedutaan Besar Inggris itu. 

Makna Slogan Harmoni Budaya

Kementerian Media Kerajaan Arab Saudi menyatakan slogan harmoni budaya memiliki makna mengungkapkan ajakan untuk merayakan keragaman budaya melalui seni, musik, makanan, dan berbagai aktivitas, sehingga mendorong pengalaman bersama di berbagai budaya yang berbeda. 

Sedangkan tujuan digelarnya harmoni budaya di antaranya memperkuat ikatan komunikasi antara warga, integrasi budaya terhadap peningkatan kualitas hidup penduduk, serta menekankan pentingnya komunikasi budaya dalam masyarakat Arab Saudi.

Program tersebut merupakan upaya Kerajaan Arab Saudi untuk menciptakan kualitas hidup  sesuai Visi 2030.

Pameran budaya Indonesia di Riyadh (Foto: Kastolani)
Pameran budaya Indonesia di Riyadh (Foto: Kastolani)

Acara Harmoni Budaya juga akan menyoroti upaya pemerintah dan sektor swasta untuk meningkatkan kualitas hidup di kota-kota Arab Saudi.

Sedangkan aspek kehidupan warga dari harmoni budaya itu untuk menampilkan keberagaman kehidupan masyarakat Kerajaan Arab Saudi, kualitas kehidupan para profesional dan keluarga, kegiatan sosial dan rekreasi, kontribusi terhadap perekonomian, kisah sukses, dan integrasi budaya dalam masyarakat Saudi.

Selain itu, bertujuan untuk menyediakan acara dan kegiatan yang selaras dengan budaya mereka.

Dalam acara harmoni budaya itu disediakan panggung anak-anak - berbagai bazar, area permainan, konser dan pertunjukan.

Harmoni budaya di Suwaidi Park Kota Riyadh ini akan berlangsung selama kurang lebih 46 hari, dengan partisipasi dari 9 budaya berbeda dan 11 negara seperti Indonesia, Filipina, Pakistan, Bangladesh, Sudan, wilayah Levant "Suriah, Lebanon, Yordania, ”Mesir, Yaman, dan India.

Topik Menarik