Elon Musk Rogoh Rp690 Miliar Lagi untuk Menangkan Donald Trump di Pilpres AS

Elon Musk Rogoh Rp690 Miliar Lagi untuk Menangkan Donald Trump di Pilpres AS

Terkini | inews | Minggu, 27 Oktober 2024 - 08:14
share

WASHINGTON, iNews.id - Elon Musk kembali merogoh kocek besar untuk memenangkan Donald Trump dalam Pilpres AS 2024. Miliarder pemilik Tesla dan SpaceX tersebut menyumbang 44 juta dolar AS atau sekitar Rp690 miliar melalui kelompok pro-Trump.

Jumlah sumbangan itu diberikan Musk selama paruh pertama Oktober 2024. Berdasarkan data pengajuan kepada Komisi Pemilihan Umum Federal AS, dana diberikan kepada America PAC (kelompok aksi politik). 

Sebelumnya Musk juga menyumbang kepada kelompok yang sama sebesar 75 juta dolar AS, yakni antara Juli hingga September.

Selain America PAC, Musk juga menyumbang kepada Sentinel Action Fund sebesar 2,3 juta dolar AS.

America PAC fokus untuk memenangkan Trump di negara-negara bagian medan pertempuran sengit dengan capres Partai Demokrat, Kamala Harris.

Dalam laporan keuangan kepada Komisi Pemilihan Umum Federal AS, America PAC melaporkan pengeluaran lebih dari 47 juta dolar AS pada paruh pertama Oktober.

Kampanye Trump bergantung pada kelompok-kelompok luar untuk menjaring pemilih. Ini berarti peran kelompok-kelompok aksi politik, termasuk yang didirikan Musk, memainkan peran sangat besar.

Sementara itu tim kampanye Trump melaporkan telah menghabiskan lebih dari 88 juta dolar AS untuk iklan pada paruh pertama Oktober. Saldo yang tersisa adalah 36 juta dolar di bank. Dana itu dianggap masih kurang untuk kampanye tahap akhir menjelang pemungutan suara. Pilpres AS akan berlangsung pada 5 November mendatang.

Tim kampanye Harris bisa mengumpulkan dan membelanjakan dana jauh lebih besar daripada tim kampanye Trump dalam beberapa bulan terakhir. Kubu Harris telah menghabiskan lebih dari 130 juta dolar untuk iklan pada awal Oktober. 

Tim kampanyenya mengumpulkan 97 juta dolar selama paruh pertama Oktober serta masih memiliki saldo 119 juta dolar hingga 16 Oktober.

Topik Menarik