Timnas Indonesia U-17 Lolos ke Piala Asia U-17 2025, Erick Thohir Sebut Jasa Shin Tae-yong

Timnas Indonesia U-17 Lolos ke Piala Asia U-17 2025, Erick Thohir Sebut Jasa Shin Tae-yong

Olahraga | inews | Senin, 28 Oktober 2024 - 13:39
share

JAKARTA, iNews.id – Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut keberhasilan Timnas Indonesia U-17 lolos ke Piala Asia U-17 2025 tak lepas dari jasa Shin Tae-yong. 

Timnas Indonesia U-17 sukses menyegel tiket putaran final Piala Asia U-17 2025 setelah menjadi salah satu dari lima runner up terbaik. Skuad Garuda Asia menjadi runner up Grup G setelah bermain imbang tanpa gol kontra Australia, Minggu (27/10/2024).

Dengan begitu, Timnas Indonesia U-17 mengikuti jejak Timnas senior dan U-20 yang juga sudah lebih dulu memastikan tampil di Piala Asia mendatang. 

Erick Thohir bangga melihat Timnas Indonesia di semua kelompok usia mengalami peningkatan level dan kualitas. Menurutnya, kemajuan itu tak lepas dari peningkatan kualitas masing-masing pelatih. 

Erick Thohir juga melihat, kondisi ini juga merupakan hasil transfer ilmu dari Shin Tae-yong dan juga Indra Sjafri kepada Nova Arianto yang menukangi Timnas Indonesia U-17. 

Faktanya, Nova Arianto merupakan asisten dari Shin Tae-yong di timnas senior, dan juga pernah menjadi asisten dari Indra Sjafri.

"Ada peningkatan kualitas pelatih kita. Coach Indra dan Nova telah membuktikan hal itu,” kata Erick dalam keterangannya, Senin (28/10/2024).

“Ada transfer knowledge dari STY kepada coach Nova yang sebelumnya jadi asistennya. Nova juga pernah jadi asisten coach Indra,” tuturnya.

Dari situ terlihat jelas bahwa ada transfer ilmu dari pelatih Shin Tae-yong, kepada Indra Sjafri, hingga Nova Arianto. Transfer ilmu antarpelatih ini memang yang sangat diharapkan oleh PSSI.

“Ini yang memang saya harapkan pelatih yang berpengalaman berbagi ilmu dengan pelatih muda," ujar Erick Thohir.

Sebelumnya Timnas Indonesia level senior juga sudah memastikan lolos ke Piala Asia 2027 yang akan berlangsung pada Januari 2027 di Arab Saudi. Kepastian itu didapat setelah Jay Idzes dkk. melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan status runner up Grup F di bawah Irak.

Kemudian, Timnas Indonesia U-20 mengunci tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2025 di China setelah menjadi juara Grup F. Bersaing dengan Yaman, Timor Leste, dan Maladewa, Indonesia bisa finis teratas dengan tujuh poin. 

Topik Menarik