Pertamina Lubricants Dorong Wirausaha Muda Otomotif Melalui Enduro Entrepreneurship Program 2024

Pertamina Lubricants Dorong Wirausaha Muda Otomotif Melalui Enduro Entrepreneurship Program 2024

Terkini | kuningan.inews.id | Kamis, 3 Oktober 2024 - 14:30
share

JAKARTA,iNewsKuningan.id - PT Pertamina Lubricants Sales Region (SR) III (DKI Jakarta-Jawa Barat) terus berupaya menciptakan wirausaha muda di bidang otomotif melalui program Enduro Entrepreneurship Program (EEP) periode 2024. Program ini bertujuan untuk mendukung pengembangan bengkel mandiri bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang otomotif.

Pada periode ini, EEP dilaksanakan di tiga wilayah yakni Bekasi pada 5 September, Garut pada 20 September, dan Majalengka pada 21 September. Community Development Officer PT Pertamina Lubricants SR III, Shohiba Ardani menjelaskan, bahwa program ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan.

PT Pertamina Lubricants memiliki berbagai program sosial, salah satunya pelatihan kewirausahaan untuk siswa SMK. EEP ini adalah tindak lanjut dari program sebelumnya, yaitu Enduro Student Program (ESP), di mana kami memberikan pelatihan kewirausahaan di sektor bengkel roda dua, khususnya bagi lulusan baru dari SMK otomotif,” ujar Shohiba dalam keterangan rilisnya, Kamis (3/10).

Setelah peserta menyelesaikan pelatihan ESP, mereka diberikan kesempatan untuk mengikuti EEP sebagai lanjutannya. “Dalam program EEP, kami memberikan pendampingan dalam pengembangan bengkel, seperti bantuan branding, peralatan bengkel, paket pelumas, dan kebutuhan operasional lainnya. Hal ini bertujuan agar bengkel mandiri dapat berkembang lebih baik,” jelasnya.

Selama bulan September, PT Pertamina Lubricants SR III telah menyalurkan bantuan kepada beberapa bengkel yang dikelola oleh lulusan ESP. Di Bekasi, bantuan diberikan kepada Bengkel Sirrul 3113 Enduro, sementara di Garut kepada Bengkel FS Motor dan Bengkel Mega Motor. Selain itu, di wilayah Talaga, Majalengka, bantuan diberikan kepada Bengkel Restu Ibu Motor.

Asep, penanggung jawab (PIC) Bengkel Restu Ibu Motor, menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diterima. “Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih atas segala dukungan dari PT Pertamina Lubricants. Harapan saya, dengan bantuan ini, bengkel saya bisa semakin berkembang dan dikenal masyarakat,” ungkapnya.

Hal serupa disampaikan oleh Ziane, PIC Bengkel Sirrul 3113 Enduro di Bekasi. Terima kasih banyak atas alat-alat yang diberikan. Sebelumnya, saya kesulitan memperbaiki keluhan pelanggan karena kurangnya peralatan. Sekarang, dengan bantuan ini, saya bisa mengatasi masalah tersebut. Semoga bengkel saya bisa semakin berkembang, terutama setelah mendapat branding dari PT Pertamina Lubricants, ujar Ziane.

Shohiba Ardani menambahkan bahwa PT Pertamina Lubricants berkomitmen untuk terus mendampingi dan mendukung pengembangan bengkel-bengkel mandiri tersebut. “Ini merupakan bentuk komitmen PT Pertamina Lubricants dalam menjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan bengkel-bengkel binaan kami,” terangnya.

Program EEP ini diharapkan dapat mencetak lebih banyak wirausaha muda di sektor otomotif. Sehingga tidak hanya memberikan dampak positif bagi para lulusan SMK, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal di berbagai daerah. ***

Topik Menarik