Keren! Desa Pela di Kutai Kartanegara Peringkat Lima Lomba Desa Wisata Nusantara 2024

Keren! Desa Pela di Kutai Kartanegara Peringkat Lima Lomba Desa Wisata Nusantara 2024

Terkini | kutai.inews.id | Senin, 30 September 2024 - 22:20
share

BALI, iNewsKutai.id – Prestasi membanggakan ditorehkan Desa Pela, Kutai Kartanegara. Desa yang berada di tengah Danau Semayang, Kota Bangun itu meraih peringkat 5 Lomba Desa Wisata Nusantara 2024. 

Penghargaan peringkat 5 diserahkan dalam Malam Apresiasi Lomba Desa Wisata Nusantara, Penggerak Swadaya Masyarakat Teladan, dan Tenaga Pendamping Profesional Inspiratif Tahun 2024 di Nusa Dua, Bali.

Desa Pela menawarkan wisata dengan pemandangan alam Danau Semayang. Lebih spesial lagi, desa ini menjadi area konservasi sekaligus pengamatan Pesut Mahakam yang menjadi mamalia endemik Sungai Mahakam.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Puguh Harjanto menjelaskan, Lomba Desa Wisata ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada desa-desa yang telah menunjukkan kinerja luar biasa dalam mengembangkan potensi wisata. 

Desa wisata menjadi salah satu strategi utama untuk meningkatkan perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja baru, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa yang berkelanjutan.

"Desa wisata bukan hanya sekadar destinasi, tetapi merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat desa. Kita harus bersama-sama memberdayakan potensi lokal agar setiap desa dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Puguh dalam keterangan resminya, Senin (30/9/2024).

Menurutnya, lomba desa wisata mendorong pengembangan desa yang berbasis pariwisata. Dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada, diharapkan desa-desa di Indonesia dapat meningkatkan ketahanan ekonomi dan mengurangi kesenjangan antar wilayah. 

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung pelayanan dasar, selaras dengan pilar-pilar Sustainable Development Goals (SDGs).

 

Kepala Desa Pela Supianur mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti konkret keberhasilan pembinaan yang terus dilakukan. Sebelumnya, 
Desa Pela hanya menduduki peringkat 15.

"Pembinaan akan terus kami tingkatkan, kalau bisa mendapatkan juara 1. Pencapaian ini tidak lepas dari kerja sama semua pihak dalam mendukung perkembangan desa wisata ini,"ujarnya.

Selain meraih penghargaan peringkat 5 Desa Wisata, prestasi juga ditorehkan Alimin Azarbaijan dari Desa Pela sebagai Juara 1 Pelopor Desa Wisata Inspiratif.

Topik Menarik