Dua Anggota KKB Papua Ditangkap di Puncak Jaya, Terlibat Pembunuhan Aparat TNI

Dua Anggota KKB Papua Ditangkap di Puncak Jaya, Terlibat Pembunuhan Aparat TNI

Terkini | kutai.inews.id | Selasa, 8 Oktober 2024 - 11:10
share

JAYAPURA, iNewsKutai.id - Aparat gabungan dari Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 menangkap dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Kampung Lumbuk, Distrik Tingginambut, Puncak Jaya, Papua Tengah.

Anggota KKB yang ditangkap yakni Alison Wonda alias Kumara (23) warga Kampung Paralo, Distrik Tingginambut dan dan Yotenus Wonda alias Maleki (26) warga Kampung Jimbanime, Yamoneri terlibat pembunuhan personel TNI serta warga sipil.

"Keduanya merupakan pelaku penembakan terhadap aparat TNI dan warga sipil di Puncak Jaya," jelas Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz-2024 Brigjen Pol Faizal Ramadhani, Selasa (8/10/2024).

Sementara Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024 Kombes Pol Dr Bayu Suseno menjelaskan, penangkapan berawal saat tim gabungan melintasi jalur antara Tingginambut dan Kalome, Sabtu (5/10/2024) pukul 12.01 WIT.

Pasukan gabungan tidak sengaja berpapasan dengan mereka dan langsung melakukan penangkapan terhadap yaitu Alison Wonda alias Kumara dan Yotenus Wonda alias Maleki.

Dari tangan keduanya, Satgas Damai Cartenz menyita barang bukti berupa tiga ponsel, dua tas, satu noken serta tiga unit motor. Dari hasil interogasi, keduanya terlibat penembakan terhadap aparat TNI di Puncak Jaya pada Maret 2024.

 

Kombes Bayu menuturkan, Yotenus Wonda alias Maleki terlibat dalam penembakan yang menewaskan Sertu Mar Ismunandar dan melukai Serka Salim Lestluhu di samping Puskesmas Mulia, Kampung Kulirik pada 17 Maret 2024.

Dalam aksi tersebut, pelaku bersama anggota KKB lainnya, termasuk Ternus Enumbi dan Alison Wonda berhasil merampas dua senjata api laras pendek milik korban.

Yotenus Wonda juga terlibat dalam percobaan pembunuhan terhadap warga sipil pada 31 Mei 2024 serta penembakan terhadap Serma Anumerta Jefri E May pada 15 Agustus 2024 di Sport Center, Kampung Pagaleme.

Sementara Alison Wonda alias Kumara terlibat dalam penembakan terhadap Sertu Mar Ismunandar serta pembunuhan seorang anggota TNI pada 5 Januari 2024.

"Saat ini, tim gabungan terus melakukan pengejaran terhadap anggota KKB lainnya yang masih buron," pungkasnya.

artikel ini telah tayang di inews.id

Topik Menarik