Murka Shin Tae-yong Usai Kemenangan Timnas Indonesia Atas Bahrain Dirampok Wasit Ahmed Al-Kaf

Murka Shin Tae-yong Usai Kemenangan Timnas Indonesia Atas Bahrain Dirampok Wasit Ahmed Al-Kaf

Olahraga | kutai.inews.id | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 08:40
share

MANAMA, iNewsKutai.id - Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong murka setelah kemenangan tim Garuda atas Bahrain dirampok wasit. Laga seharusnya sudah berakhir ketika gawang Maarten Paes kebobolan.

Kemenangan timnas Indonesia di Stadion Nasional Bahrain, Manama, pada Kamis (10/10/2024) malam buyar. Gawang tim Garuda kebobolan pada menit 90+9 setelah sebelumnya memimpin dengan skor 1-2 di waktu normal.

Bahrain mencetak gol penyeimbang lewat skema sepak pojok yang dituntaskan dengan baik oleh Mohamed Marhoon. Masalahnya, laga seharusnya sudah berakhir lantaran tambahan waktu pertandingan hanya 6 menit.

Wasit asal Oman, Ahmed Al-Kaf tidak kunjung meniup peluit panjang ketika tambahan waktu berakhir hingga akhirnya Bahrain mendapatkan sepak pojok. Terbukti, peluang terakhir Bahrain justru menjadi petaka bagi timnas Indonesia.

Anehnya, Ahmed Al-Kaf justru langsung meniup peluit panjang tak lama setelah gol tersebut tercipta. Situasi itu membuat pemain dan ofisial timnas Indonesia langsung melakukan protes keras di lapangan.

Shin Tae-yong bahkan langsung meluapkan kemarahannya dan berlanjut di sesi konferensi pers. Pelatih asal Korea Selatan itu menyatakan jika wasit merusak pertandingan menarik yang disajikan kedua tim.

Menurutnya, tambahan waktu hingga sembilan menit sulit diterima karena seharusnya hanya 6 menit.

"Soal tambahan waktu, yang seharusnya enam menit namun menjadi lebih dari sembilan menit. Lalu, keputusan-keputusan wasit yang menurut saya bias. Saya rasa semua orang bisa memahami kenapa para pemain kami kesal dengan keputusan-keputusan tersebut,"kata Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.

 

Pelatih berusia 53 tahun itu pun menyebut AFC harus membenahi kepemimpinan wasit jika ingin sepak bola Asia maju.

"Kedua tim melakukan yang terbaik sampai wasit meniupkan peluit panjang. Akan tetapi, saya harus memastikan kembali terkait dengan keputusan-keputusan wasit di pertandingan tadi. Bila AFC ingin semakin maju, maka keputusan dan kepemimpinan wasit juga perlu diperbaiki,"tegasnya.

Dalam laga tersebut, timnas Indonesia sempat tertinggal lewat eksekusi tendangan bebas Marhoon pada menit 15. Ragnar Oratmangoen kemudian mencetak gol penyama kedudukan pada menit 45+7.

Rafael Struick kemudian unjuk gigi lewat golnya pada menit 74. Skor 1-2 untuk keunggulan Indonesia tersebut bertahan hingga waktu normal berakhir. Marhoon kemudian kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Hasil ini membuat timnas Indonesia mencuri 1 poin dari Bahrain. Selanjutnya timnas Indonesia akan menghadapi China pada Selasa (15/10/2024) di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Topik Menarik