Pentolan KKB Papua Jemmy Magai Yogi Ditangkap, Ratusan Butir Amunisi Disita

Pentolan KKB Papua Jemmy Magai Yogi Ditangkap, Ratusan Butir Amunisi Disita

Terkini | kutai.inews.id | Rabu, 16 Oktober 2024 - 20:10
share

JAYAPURA, iNewsKutai.id – Pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Jemmy Magai Yogi ditangkap Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 bersama Polres Dogiyai pada Rabu (16/10/2024) pukul 16.16 WIT.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz-2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani menjelaskan, penangkapan terhadap pimpinan kelompok bernama Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu dilakukan saat dalam perjalanan membawa amunisi dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Paniai.

Jemmy yang menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat West Papua Army (WPA) Divisi II Pemka IV Paniai itu kemudian melewati wilayah hukum Polres Dogiyai dan dilakukan pencegatan disertai penangkapan.

Ratusan amunisi disita petugas gabungan Satgas Damai Cartenz. (foto: ist)

"Kami mendapat informasi pengiriman amunisi yang dibawa oleh Jemmy Magai Yogi, Panglima KASAD Divisi II Paniai. Kemudian dilakukan pencegatan di wilayah Dogiyai dan berhasil menangkap tersangka bersama dengan sembilan orang lainnya," jelas Brigjen Faizal.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno menambahkan, Jemmy Magai Yogi ditangkap melintas di depan kantor DPRD Dogiyai menggunakan mobil Toyota Hilux Double Cabin berwarna putih dengan nomor polisi PA 1646 HL.

 

Saat dihentikan dan dilakukan penggeledahan, tim gabungan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 menemukan 104 butir amunisi, yang terdiri dari 56 butir kaliber 5,56 mm serta 48 butir kaliber 7,62 mm.

"Tersangka bersama barang bukti telah diamankan di Posko Operasi Damai Cartenz-2024 di Dogiyai untuk dilakukan pengembangan dan proses penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya.

artikel ini telah tayang di inews.id

Topik Menarik