Pengungsi Rohingnya Yang Sakit di Evakuasi ke Rumah Sakit

Pengungsi Rohingnya Yang Sakit di Evakuasi ke Rumah Sakit

Terkini | kutaraja.inews.id | Senin, 21 Oktober 2024 - 23:10
share

Pengungsi rohingya yang sakit dievakuasi ke rumah sakit daerah setempat. Sebelumnya   terdapat 3 warga rohingya yang meninggal dunia dikapal. Jenazahnya mereka buang ke laut dan 2 diantaranya ditemukan terdampar dipantai.

Team SAR gabungan, mengevakuasi pengungsi rohingya yang terindikasi sakit dari kapal  ke daratan. Ada 6 orang yang diungsikan, yang terdiri dari 4 wanita, 2 laki-laki. Proses evakuasi dilakukan minggu pagi, 20/10/24.

Hasil kesepakatan bersama tim UNHCR dan Imigrasi, bersama pemerintah daerah menunggu kordinasi dimana pengungsi ini akan di tempatkan. Apakah ke Sumatera Utara  atau provinsi  Aceh. Sambil menunggu negosiasi para pengungsi tetap berada di atas kapal.

Demi kemanusian pemerintah daerah kabupaten Aceh Selatan bersama masyarakat memberi bantuan makanan dan minimuman kepada ratusan pengungsi etnis rohingya yang kapalnya terombang -ambing di perairan laut Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan sejak jumat kemaren.

Kapal yang ditumpangi imigran etnis rohingya berjumlah 151 dengan rincian anak-anak  sebanyak 59 orang, 13 orang laki-laki dewasa dan 79 orang wanita dewasa. Hingga minggu siang posisi kapal masih berada sekitar 5 mil dari pelabuhan  teluk labahun haji. Sementara pengungsi yang meninggal di dalam kapal jenazahnya mereka buang ke dalam laut

Sementara itu tim SAR gabungan mengevakuasi sesosok mayat perempuan yang diduga imigran etnis rohingya yang terdampar di pantai Desa Kemumu Hilir  Kecamatan Labuhan Haji Timur  Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu sore.

Mayat tanpa identitas ini  kondisinya sudah mulai busuk dan membiru diperkiran korban sudah meninggal dunia empat hari yang lalu. Mayat ini duduga salah satu pengungsi rohinganya yang meninggal di kapal lalu dibuang ke laut. Sejak jumat siang masyrakat setempat melihat kapal yang ditumpangi  rohingnya terombang -ambing di sekitar perairan Labuhan Haji.

Jenazah  ini merupakan mayat kedua yang ditemukan tim SAR gabungan sejak kapal yang ditumpangi warga rohingnya berada di perairan laut Aceh Selatan.Setelah dievakuasi jasat wanita ini dibawa ke rumah sakit daerah Yuliddin Away Tapaktuan dan selanjutnya jenazah tersebut dikebumikan.

Topik Menarik