PKL Rangkasbitung Berduka Atas Kepergian Yadi, Begini Sosoknya di Mata Para Pedagang

PKL Rangkasbitung Berduka Atas Kepergian Yadi, Begini Sosoknya di Mata Para Pedagang

Terkini | lebak.inews.id | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 07:20
share

LEBAK, iNewsLebak.id - Pedagang kaki lima yang tergabung dalam Kelompok Tumbuh Bersama Balong Rancalentah (KUMBARA) mengunjungi dan bertakziah ke kediaman Almarhum Yadi Suryadi, pada Kamis (10/10/2024).

Almarhum Yadi Suryadi adalah Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebak, yang beralamat di Kampung Cibahbul, Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas dan penghormatan atas meninggalnya Yadi Suryadi, yang menjadi korban tertimpa pagar dan berujung meninggal setelah dirawat di RS Hermina, Tangerang, Banten.

Yadi saat itu bersama rekan sesama Anggota Satpol PP Lebak dan Anggota Polres Lebak mengamankan jalannya aksi demo yang dilakukan kelompok Paguyuban Masyarakat Peduli Lebak (PMPL) yang menolak calon Ketua DPRD Lebak, pada tanggal 23 September 2024.

Ketua Paguyuban Kumbara Pedagang Balong Rancalentah, Syaripudin alias Apu, mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Yadi Suryadi.

 

"Kami segenap Keluarga Pedagang Kaki Lima Balong Rancalentah (KUMBARA) mengucapkan turut berduka cita yang mendalam dan prihatin atas tragedi yang menimpa almarhum Yadi, anggota Satpol PP Lebak. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," ucapnya.

Apu, berharap peristiwa tragis ini tidak terulang kembali dalam aksi unjuk rasa di masa mendatang. Menurutnya, meskipun demokrasi memberikan kebebasan berekspresi, semua pihak harus tetap mematuhi aturan yang berlaku dalam menyampaikan pendapat.

"Saya harap kejadian ini tidak terulang lagi. Unjuk rasa boleh, tetapi harus dilakukan dengan tertib dan damai, tanpa kekerasan," ungkap Syaprudin.

Ia juga menegaskan pentingnya penegakan hukum dalam kasus ini. "Semoga pihak aparat penegak hukum bisa segera menyeret pelaku ke hadapan hukum untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya," tegasnya.

Meninggalnya Yadi Suryadi dalam aksi unjuk rasa ini menjadi pengingat bahwa keselamatan semua pihak harus menjadi prioritas dalam setiap demonstrasi, sekaligus panggilan bagi masyarakat untuk lebih menghargai proses demokrasi yang damai.

 

Menurut Apu, Almarhum Yadi Suryadi dikenal para pedagang di sekitar Balong Ranca Lentah, m sebagai Anggota Pol PP Lebak  yang sopan dan berprilaku baik. 

"Kami sering berkomunikasi dan mengenal baik Almarhum Yadi. Istri almarhum juga berjualan minuman kopi pada malam hari untuk menambah ekonomi keluarganya di sekitar Alun-alun Rangkasbitung," tuturnya.

Topik Menarik