KedaiKOPI Sebut Paslon Zul-Uhel Kuasai Panggung Debat Perdana Pilgub NTB 2024

KedaiKOPI Sebut Paslon Zul-Uhel Kuasai Panggung Debat Perdana Pilgub NTB 2024

Terkini | lombok.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 16:50
share

LOMBOK, iNewsLombok.id - Communication Specialist Lembaga Survei KedaiKOPI Rosnindar Prio Eko Rahardjo menanggapi Debat Perdana Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Rabu malam, (23/10/2024) paslon nomor urut 2 Zulkieflimansya-Suhaili FT (Zul-Uhel) menguasai panggung debat.

"Ini menandakan bahwa Zul-Uhel sudah sangat memahami permasalahan-permasalahan yang terjadi di NTB dan memiliki solusinya dibanding dengan Paslon lain,"terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Kamis (24/10/2024).

Rossi Rahardjo juga menyebut bahwa secara penampilan Zul di debat mewakili generasi muda.

"Debat tadi malam Zul cukup 'anak muda' banget. Sangat mewakili pemilih pemula. Kita tau bahwa dalam hasil survei, sebagian besar swing voters adalah pemilih pemula alias Gen Z. Ceruk ini berhasil diambil oleh Zul,"tegasnya.

 

Rossi Rahardjo juga menegaskan bahwa dengan debat pertama ini sangat mungkin elektabilitas Zul-Uhel akan naik seiring dengan visi dan misi yg disampaikan yakni melanjutkan program periode sebelumnya. 

"Ini sangat bermanfaat untuk NTB agar tidak memulai program pemerintahan dari awal lagi,"ungkapnya.

Menurutnya juga bahwa, jawaban Zul-Uhel lugas tapi tetap santai bahkan sempat guyon untuk tema atau pertanyaan yang krusial dan Zul-Uhel sangat menguasai panggung dan keadaan. 

"Joke-joke bahkan muncul dari mereka mesti tetap serius dengan pokok materi debat,"tambahnya.

Rossi Rahardjo menilai dalam debat semalam jawaban-jawaban yang diberikan Zul-Uhel terhadap pertanyaan paslon lain cukup "nakal". 

"Pertanyaan yang sejatinya bertujuan untuk 'memukul' Zul-Uhel malah menjadi bumerang bagi paslon lain. Jawaban-jawaban Zul-Uhel berbasis data real seperti jumlah lulusan SMK, jumlah BLUD, hingga IPM NTB,"terangnya.

Topik Menarik