Masyarakat Puas dengan Kinerja Olly Dukung Elly Lasut Jadi Gubernur Sulut Selanjutnya

Masyarakat Puas dengan Kinerja Olly Dukung Elly Lasut Jadi Gubernur Sulut Selanjutnya

Terkini | manado.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 14:41
share

MANADO, iNewsManado.com - Calon gubernur Sulawesi Utara (Sulut) nomor urut 2, Elly Engelbert Lasut, terus meraih dukungan dari berbagai kalangan masyarakat, terutama dari mereka yang merasa puas dengan kinerja Gubernur Olly Dondokambey. 

Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia antara 15 hingga 21 September 2024, sebesar 75,0 publik menyatakan kepuasan terhadap kinerja Olly Dondokambey. Dari persentase tersebut, 44,7 responden menyatakan dukungannya untuk pasangan Elly Engelbert Lasut-Hanny Joost Pajouw sebagai gubernur dan wakil gubernur berikutnya.

“Sebanyak 38,3 memilih pasangan Steven Kandouw-Alfred Denny Djoike Tuejeh, sedangkan 6,2 memilih Yulius Selvanus Lumbaa-Victor Mailangkay,” ungkap Peneliti Utama Poltracking Indonesia, Yoki Alvetro, pada Kamis (3/10/2024).

Dalam hal elektabilitas, pasangan Elly Lasut-Hanny Joost menunjukkan hasil yang paling unggul dibandingkan pasangan lainnya. Keberhasilan ini ditopang oleh dukungan signifikan dari masyarakat di Bumi Nyiur Melambai. 

Lebih lanjut, Yoki menjelaskan bahwa pasangan Elly Lasut-Hanny Joost merupakan favorit di kalangan responden dalam Pilgub Sulut 2024, dengan memperoleh elektabilitas sebesar 50,1. Mereka jauh mengungguli pasangan Steven Kandouw-Alfred Denny Djoike Tuejeh yang mendapatkan 32,4, serta Yulius Selvanus Lumbaa-Victor Mailangkay dengan 7,1.

Survei ini dilakukan dengan metode stratified multistage random sampling, melibatkan 800 responden dengan margin of error sekitar 3,5 dan tingkat kepercayaan 95. Kluster survei mencakup 15 kabupaten/kota di Sulut secara proporsional berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024.

 

Topik Menarik