Polres Sergai Paparkan Potensi Pelanggaran dan Ancaman Masa Kampanye, Salah Satunya Money Politic

Polres Sergai Paparkan Potensi Pelanggaran dan Ancaman Masa Kampanye, Salah Satunya Money Politic

Terkini | medan.inews.id | Senin, 30 September 2024 - 20:20
share

SERGAI, iNewsMedan.id - Kapolres Sergai, AKBP Jhon Sitepu, diwakili Kabag Ops, Kompol Hendro Sutarno, menjadi salah satu narasumber kegiatan sosialisasi tahapan masa kampanye dan launching peta kerawanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 yang digelar Bawaslu Sergai, di Aula Woong Rame, Pantai Cermin, Senin (30/9/2024).

Sosialisasi ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman kepada partai politik, Ormas, dan insan pers tentang proses tahapan massa kampanye, dan peta kerawanan Pilkada serentak 2024.

Hendro Sutarno menyampaikan perkiraan pelanggaran dan ancaman pada masa tahapan kampanye rentan munculnya kampanye hitam bernuansa SARA, serta upaya melakukan fitnah terhadap lawan kandidat.

Kemudian, mengantisipasi terjadinya intimidasi terhadap pasangan calon dan keluarganya, serta intimidasi terhadap masyarakat yang ingin ikut kampanye.

Selain itu, perlunya pengawasan intensif terhadap adanya money politic, serta terjadinya bentrok sesama pendukung.

 

Lalu, pengawasan terhadap penggunaan fasilitas negara, dan pemasangan alat peraga dan kampanye di tempat yang dilarang, seperti rumah ibadah dan sekolah.

"Keterlibatan aparatur pemerintah yang mendukung kegiatan kampanye juga perlu diawasi," tegas Hendro Sutarno.

Topik Menarik