HUT ke-79, Momentum Bersatunya TNI-Rakyat untuk Bangsa dan Negara

HUT ke-79, Momentum Bersatunya TNI-Rakyat untuk Bangsa dan Negara

Terkini | medan.inews.id | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 23:20
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) berlangsung semarak dan khidmat di Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (5/10/2024).

Ratusan Prajurit TNI bersama ribuan warga memadati lokasi upacara di Lapangan Astaka, Jalan William Iskandar/Pancing Medan, meski tengah diguyur hujan.

Antusiasme masyarakat yang sukarela datang demi untuk lebih dekat dengan Prajurit kebanggaannya, tak ayal mendapat apresiasi dari sejumlah petinggi TNI-Polri dan Pejabat Pemerintahan yang ada di ibu kota provinsi multi etnik itu.

"Luar biasa! Antusiasme warga menghadiri puncak peringatan HUT TNI ini menjadi momentum untuk semakin bersatunya TNI-Rakyat demi bangsa dan negara Indonesia yang lebih maju ke depannya," kata Inspektur Upacara, Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba yang juga Komandan Lantamal I Belawan.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto juga berpendapat sama. "Saya yakin, saat TNI-Rakyat bersama Polri dan Pemerintah telah bersatu, maka akan menjadi kekuatan yang luar biasa untuk dijadikan modal membangun bangsa dan negara," ucapnya.

 

Begitu juga Pj Gubernur Sumut, Dr Drs Agus Fatoni, MSi. Ia berharap sinergi TNI-Polri, Pemerintah dan Rakyat ke depannya akan semakin solid dan kokoh.

"Itu yang kita harapkan terwujud, sehingga segala tantangan untuk membangun bangsa dan negara ke depan akan lebih mudah diselesaikan dan dihadapi," jelasnya.

Dalam upacara tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menegaskan kepada seluruh Prajurit, bahwa TNI dituntut untuk mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi.

Sekecil apapun sikap dan tindakan yang kurang bijak akan dapat mengganggu bahkan merusak jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

"Oleh karenanya, Prajurit TNI harus bekerja keras dan bekerja ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan, memanfaatkan peluang, memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dan bertanggungjawab
terhadap tugas yang dilaksanakan dengan dilandasi semangat gotong-royong dan sinergitas bersama komponen bangsa lainnya," ucap Panglima TNI melalui amanat yang dibacakan Brigjen Jasiman Purba.

 

Peringatan HUT ke-79 TNI yang mengangkat tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”, dinilai Panglima TNI sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

"Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju," ungkapnya.

Berbagai hal strategis menyangkut peran dan fungsi TNI, juga disinggung Panglima TNI. Di antaranya, TNI harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan berkemampuan inovatif dalam membangun institusi yang modern.

Prajurit TNI juga harus memiliki kemampuan dasar tempur, mahir bela diri taktis sekaligus mampu mengoperasikan dan memelihara Alutsista yang berteknologi tinggi guna mewujudkan transformasi TNI menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di kancah regional maupun internasional.

Terakhir, Panglima TNI mengingatkan seluruh Prajurit TNI untuk selalu waspada dan tidak mudah terhasut oleh isu-isu provokatif yang berusaha memecah belah soliditas TNI, menghancurkan sinergitas TNI-Polri dan Kementerian/Lembaga lainnya, serta merusak kemanunggalan TNI dengan rakyat.

 

"Kita harus selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika," tutup Panglima TNI.

Rangkaian acara peringatan HUT TNI di Kota Medan kali ini juga diwarnai dengan defile pasukan dan alutsista, setelah itu digelar berbagai atraksi seni ketangkasan bela diri Prajurit TNI dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Selain itu, juga dilakukan pemberian hadiah kepada sekolah pemenang lomba PBB tingkat SMA dan SMP, serta penyerahan bantuan pendidikan dari Kementerian BUMN kepada putra-putri TNI-Polri yang berprestasi.

Acara disudahi dengan penarikan nomor undian door prize dengan hadiah ratusan sepeda listrik, lima unit sepeda motor, dan lima unit TV digital 42 inchi.

Tampak hadir dalam acara, di antaranya Kasdam I/BB beserta seluruh PJU Kodam I/BB, Dankosek I Medan, Danlanud Soewondo, Danwing III Kopasgat, Kabinda Sumut, seluruh unsur Forkopimda Sumut, Kaotmilti I Medan, Kadilmilti I Medan, serta tamu undangan lainnya.

Topik Menarik