Terapi Ajaib Pasir Besi di Pantai Pondok Kerakat, Sembuhkan Stroke dan Reumatik

Terapi Ajaib Pasir Besi di Pantai Pondok Kerakat, Sembuhkan Stroke dan Reumatik

Gaya Hidup | medan.inews.id | Minggu, 27 Oktober 2024 - 13:30
share

LOMBOK TIMUR, iNews.id - Pantai Pondok Kerakat yang terletak di Desa Pohgading Timur, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan pilihan menarik untuk liburan keluarga. Objek wisata ini memiliki keunikan tersendiri.

Selain menikmati deburan ombak dan bermain air, pengunjung di pantai ini juga dapat melakukan terapi pasir besi untuk kesehatan dengan cara dikubur dari ujung kaki hingga dada.

Pantai ini selalu ramai, terutama pada hari Sabtu dan Minggu. Sekitar pukul 07.00 WITA, para pengunjung mulai memadati kawasan tersebut. Mereka menggali pasir hingga sedalam setengah meter untuk membenamkan setengah tubuhnya dan merasakan sensasi panas pasir besi.

Mereka berjejer di bibir pantai dengan atap payung. Butiran pasir pantai di kawasan ini dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, terutama strok dan reumatik.

Meski belum diakui secara medis, tapi panasnya butiran pasir besi ini dinilai ampuh sebagai terapi kesehatan.

Salah satu pengunjung asal Masbagik, Lombok Timur, Baiq Ramlah, mengaku merasakan manfaat setelah membenamkan kakinya dan bermain di pantai ini.

"Awalnya kan sakit kaki dan pinggang. Setelah ke sini, sudah mulai ringan. bagus manfaat ini," jelasnya, Minggu (27/10/2024).

 

Setiap minggu, dia dan keluarganya selalu meluangkan waktu untuk mengunjungi pantai ini. "Ini kita satu mobil. Keluarga dan teman-teman kampung," ungkap Guru SDN tersebut.

Pengunjung lainnya, Fendi, menceritakan bahwa awalnya dia tidak bisa berjalan akibat menderita stroke. Dia telah menjalani berbagai pengobatan medis, termasuk bolak-balik ke dokter dan terapi.

Dia melanjutkan bahwa setelah mencoba terapi pasir besi, dia akhirnya bisa berjalan dan merasa tubuhnya lebih ringan. Terapi pasir besi ini sudah dijalaninya selama sembilan bulan.

Bahkan, dia bersama teman-temannya yang juga penderita stroke membangun tenda semi permanen di tepi pantai. "Karena, kan hampir setiap hari kita ke sini. Ya, kita bangun tenda sementara untuk berteduh," terangnya.

Saat ini, Pantai Pondok Kerakat selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama dari dalam negeri. Mereka datang untuk berlibur sambil menikmati suasana pantai dan menjalani terapi kesehatan dengan butiran pasir besi.

Topik Menarik