Kontingen Sumut Siap Ukir Prestasi di Ajang Puteri Anak-Remaja dan Batik Cilik Indonesia 2024

Kontingen Sumut Siap Ukir Prestasi di Ajang Puteri Anak-Remaja dan Batik Cilik Indonesia 2024

Gaya Hidup | medan.inews.id | Minggu, 27 Oktober 2024 - 14:40
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Kontingen Sumatera Utara (Sumut) siap mengukir prestasi dalam ajang Puteri Anak & Remaja Indonesia 2024 serta Puteri Batik Cilik & Remaja Indonesia 2024.

Regional Director Puteri Anak & Remaja Indonesia Sumut 2024 dan Puteri Batik Cilik & Remaja Indonesia Sumut 2024, Rita Susanti Sinaga, menyatakan bahwa ada 15 kontingen dari Sumut yang akan bersaing di tingkat nasional di Jakarta.

“15 kontingen ini merupakan hasil kompetisi tingkat provinsi, dan merupakan yang terbaik dari masing-masing kategori,” jelas Rita Susanti Sinaga pada konferensi pers keberangkatan kontingen Puteri Anak & Remaja Indonesia Sumut 2024 dan Puteri Batik Cilik & Remaja Indonesia Sumut 2024 di De Kapal Cafe & Resto, Kota Medan, Minggu (27/10/2024).

Santi menambahkan bahwa 15 kontingen dari Sumut yang akan berkompetisi di tingkat nasional berasal dari berbagai kategori. Mereka akan bersaing dengan kontingen dari seluruh Indonesia untuk menampilkan penampilan terbaik di Jakarta, khususnya di Gedung Usmar Ismail, dan akan menjalani karantina terlebih dahulu di Yello Hotel Harmoni.

“Rangkaian acara mulai 1 hingga 5 November 2024. Kontingen Sumut siap memberikan yang terbaik, dan mereka ini berasal dari berbagai daerah di Sumut. Untuk 15 ini, Kategori Puteri Anak Sumut, runner up 1 dan ada runner up 2, jumlahnya 3. Lalu, Puteri Remaja 3 orang, Puteri Batik Remaja 3 orang, Puteri Batik Cilik 6 orang,” terang Santi.

Santi menjelaskan bahwa pemenang di tingkat nasional untuk Puteri Remaja dan Anak akan fokus pada pariwisata dan akan menjadi duta pariwisata bagi anak-anak dan remaja. Sementara itu, Puteri Batik akan lebih ditekankan pada promosi batik sesuai dengan daerah asal, serta bertujuan untuk mencari duta batik anak dan remaja.

“Pada kompetisi ini, mereka akan mepresentasikan soal budaya, pariwsata, dan batik dari daerah asal. Mereka harus bisa menjelaskan soal budaya, pariwisata, serta batik itu bisa tercipta. Baik filosofi dan kisahnya, khas dari daerah-daerah mereka masing-masing,” ungkap Santi.

Salah satu kontingen Sumut, Puteri Remaja Indonesia Sumut 2024, Kiranti Wisely, mengungkapkan bahwa ia terus mempersiapkan diri dengan meningkatkan pengetahuan tentang daerah asal dan Sumut, karena akan mewakili provinsi di ajang nasional.

“Harus mempelajari apa saja, serta menambah wawasan kebudayaan soal Sumut, bukan hanya dari daerah asal saya, Tanjungbalai. Saya juga sudah latihan modeling, dan publik speaking. Ini kesempatan bagi saya untuk membanggakan Sumut di tingkat nasional,” jelas Kiranti Wisely.

 

Puteri Batik Cilik Indonesia Sumut 2024, Atiqa Aqilla Zhafira, mengungkapkan bahwa ia telah mempersiapkan diri 100 persen dengan mempelajari batik, filosofi, dan sejarahnya. Selain itu, ia juga melakukan persiapan dalam public speaking dan mental.

“Saya siap memberikan yang terbaik untuk Sumut di tingkat nasional, demi membanggakan Sumut,” terang Aqilla Zhafira.

Persiapan-persiapan yang disampaikan Kiranti dan Atiqa tidak jauh berbeda dengan yang disampaikan oleh kontingen lainnya yang hadir pada saat konferensi pers, seperti Nessa Mallory, Zievanna Virgo Tjoeng, Fara Alia Az Zahra Ritonga, dan Shinta Angelina Tarigan. 

15 Kontingen Sumut yang Akan Bersaing di Tingkat Nasional 

- Farah Alia Az Zahra Ritonga (Puteri Anak Indonesia Sumut 2024)
- Nessa Mallory Batubara (Puteri Anak Indonesia Pariwisata Sumut 2024)
- Amrumi Zalikha Daulay (Puteri Anak Indonesia Lingkungan Sumut 2024)
- Redina Pathi Signaan (Puteri Remaja Indonesia Sumut 2024)
- Kiranti Wisley (Puteri Remaja Indonesia Pariwisata Sumut 2024)
- Mutiara Carissa Sagala (Puteri Remaja Indonesia Lingkungan Sumut 2024)
- Atiqa Aqilla Zhafira (Puteri Batik Cilik Indonesia Sumut 2024)
- Zievanna Virgo Tjoeng ( Runner Up 1 Puteri Batik Cilik Indonesia Sumut 2024)
- Shinta Angelina Tarigan (Runner Up 2 Puteri Batik Cilik Indonesia Sumut 2024)
- Gloria Evelin Aritonang (Puteri Anak Indonesia Budaya Sumut 2024)
- Fitri Nabilah Harahap ( Puteri Anak Indonesia Pendidikan Sumut 2024)
- Siti Fadhillah Rizki Ramadani (Puteri Anak Indonesia Berbakat Sumut 2024)
- Umimi Kalsum (Puteri Batik Remaja Indonesia Sumut 2024)
- Shelvy Amry Tambunan (Runner Up I Puteri Batik Remaja Indonesia Sumut 2024)
- Mulda Roito Turnip (Runner Up 2 Puteri Batik Remaja Indonesia Sumut 2014)

Topik Menarik