Siapa Saja Paus yang Pernah Berkunjung ke Indonesia? Ini Rekam Jejaknya

Siapa Saja Paus yang Pernah Berkunjung ke Indonesia? Ini Rekam Jejaknya

Nasional | okezone | Senin, 2 September 2024 - 07:52
share

JAKARTA - Siapa saja Paus yang pernah berkunjung ke Indonesia? Ini rekam jejaknya yang dikumpulkan oleh Okezone. Hal ini berkaitan dengan kedatangan Paus fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024.

Namun, kedatangan Paus atau tokoh agama umat Kristiani ini bukan yang pertama kali. Ada beberapa nama Paus yang pernah datang ke Indonesia.

Lantas siapa saja Paus yang pernah berkunjung ke Indonesia? Ini rekam jejaknya:

1. Paus Paulus VI

Memasuki tanggal 3-4 Desember 1970,Paus Paulus II mengunjungi Indonesia. Hal itu dilakukan untuk menghadiri Konferensi Uskup-uskup Pan-Asia di Manila, Filipina serta Konferensi Uskup-uskup Australia dan Oceania di Sydney, Australia.

Dalam perjalanan menuju kedua negara tersebut, Paus Paulus hendak beristirahat satu malam di Jakarta, Indonesia. Pemerintah Indonesia pun tidak mengabaikan kesempatan pemimpin umat Katolik yang singgah tersebut.

Pada waktu itu, ketika RI dipimpin Presiden Soeharto pada September 1970 menyatakan menyambut hangat kedatangan Paus Paulus VI, meskipun pada waktu itu penyambutan tidak dilaksanakan secara kenegaraan.

Presiden Soeharto bersama dengan Ibu negara pada saat itu menjemput sendiri Paus Paulus VI di Lapangan Terbang Kemayoran, Jakarta menuju menuju Kedutaan Besar Takhta Suci Vatikan di Jakarta.

2. Paus Yohanes Paulus II

Saat itu, Paus Yohanes Paulus II berkunjung ke Indonesia pada 1989. Indonesia tercatat sebagai negara ke-59 yang dikunjungi Paus.

Paus mengawali kunjungan bersejarahnya dengan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma. Paus datang dari Seoul naik Korean Airlines.

Vatikan memang punya tradisi memakai pesawat negara asal sebelum berkunjung ke negara tujuan.

3. Paus Fransiskus

Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024. Ada sederet agenda yang akan dilakukan Paus dalam perjalanan apostoliknya di Jakarta.

Tema kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia yaitu Iman, Persaudaraan, dan Bela Rasa. Iman yang teguh menghasilkan persaudaraan sejati, sementara persaudaraan sejati diungkapkan dalam belarasa kepada sesama dan alam semesta.

Topik Menarik