Maju Pilgub Jateng, Ahmad Luthfi Mundur dari Jabatan Irjen Kemendag

Maju Pilgub Jateng, Ahmad Luthfi Mundur dari Jabatan Irjen Kemendag

Nasional | okezone | Rabu, 4 September 2024 - 17:17
share

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa Komjen Pol Ahmad Luthfi telah mengundurukan diri dari jabatannya selaku Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Irjen Kemendag). Dia menyatakan, alasan mundurnya Ahmad Luthfi dikarenakan maju jadi Cagub di Pilgub Jateng.

Ketua Umum PAN itu mengungkapkan hal tersebut saat menghadiri Rapat Kerja Komisi VI DPR RI bersama KemenkopUKM. Zulhas menyampaikan informasi terkini mengenai status Ahmad Luthfi berbarengan dengan perkenalan pejabat eselon I Kemendag dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Muhammad Haekal.

"Irjen baru Pak Lutfhi, tapi sudah maju Gubernur di Jawa Tengah, Jadi sudah mengajukan pengunduran diri," ungkap Zulhas, Rabu (4/9/2024).

Zulhas melanjutkan, saat ini dirinya tengah menantikan keputusan presiden (Keppres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas pengajuan pengunduran diri Ahmad Luthfi. Dia pun mengatakan, untuk sementara ini, posisi yang ditinggalkan Ahmad Luthfi, tengah diisi oleh Pelaksana tugas (Plt) yang diemban oleh Sekjen Kemendag, Budi Santoso.

"Nanti sudah ada Pak Putu, tapi karena kami lagi tunggu Keppres dari Bapak Presiden, sementara dirangkap oleh Sekjen (selaku) Plt," terang Zulhas.

Diketahui, pada Pilgub Jateng 2024 ini pasangan Ahmad Luthfi Gus Yasin mendaftar di hari kedua. Mereka diusung koalisi gemuk parpol di Jateng yang suaranya di Pileg 2024 lalu di Jateng totalnya meraup dari 13,7juta suara. Mereka diusung 9 parpol; Gerindra, PSI, PKB, PKS, PPP, NasDem, Golkar, PAN.

Sementara lawannya, Andika Perkasa Hendrar Prihadi alias Hendi yang diusung PDIP mendaftar di hari pertama ke KPU Jateng, yakni Selasa 27 Agustus 2024. PDIP di Pileg 2024 lalu di Jateng meraup 5,2 juta suara alias terbanyak.

Ketua KPU Jateng Handi Tri Ujiono mengemukakan berdasar jumlah suara sah partai politik yang telah mendaftarkan bakal calon gubernur wakil gubernurnya, dapat dipastikan di Pilgub Jateng 2024 ini hanya ada 2 paslon.

Topik Menarik