Meriahkan Hari Batik Nasional, The Alana Solo Ajak Pengunjung Membatik

Meriahkan Hari Batik Nasional, The Alana Solo Ajak Pengunjung Membatik

Nasional | badung.inews.id | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 16:40
share

KARANGANYAR, iNewsbadung.id - Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober mendapat banyak apresiasi dan perhatian dari berbagai instansi dan masyarakat, termasuk The Alana Solo.

Berkolaborasi dengan Batik Tirtanajma Karanganyar, The Alana Solo menghadirkan live membatik di lobi hotel, Rabu (2/10/2024), memeriahkan Hari Batik Nasional 2024. 

Moses Rahadian, Public Relation The Alana Hotel & Convention Center Solo mengatakan bahwa sasaran peserta live membatik adalah para tamu yang menginap dan tamu luar yang sedang berkunjung ataupun melakukan kegiatan di The Alana Solo.

Kegiatan membatik yang dilakukan The Alana Solo ini diakui Moses Rahadian sebagai salah satu upaya melindungi batik sebagai warisan budaya, sekaligus memperkuat identitas Nasional Indonesia. 

Terlebih batik merupakan warisan budaya asli Indonesia, di mana melalui  proses panjang telah mendapatkan pengukuhan sehingga tidak diklaim sebagai warisan budaya negara lain. 

"Karena pengakuan UNESCO akan batik sebagai warisan tak benda asli Indonesia, maka kami meningkatkan apresiasi terhadap batik di kalangan generasi muda, dengan membawa pengrajin batik langsung di area lobi," ujar Moses Rahadian. 

 

Di samping itu kegiatan membatik ini disebutkan Moses Rahadian untuk mengingatkan kembali rasa cinta akan warisan budaya yang ada, sehingga terus dijaga dan dilestarikan. 

Dalam kegiatan live membatik ini, pengunjung langsung mencoba membatik menggunakan canting dan malam yang disediakan, di mana hal ini menjadi pengalaman tidak terlupakan. 

Meskipun disediakan gratis, namun pengunjung yang tertarik mengikuti kegiatan juga mendapatkan pendampingan tim profesional. 

Tidak hanya sekedar membatik, namun pengunjung juga dikenalkan dengan berbagai batik tulis yang disediakan, menjelaskan tentang sejarah, filosofi dan tentu teknik pembuatannya.

Ditambahkan Moses Rahadian, pengunjung tidak sekedar hanya membatik, namun juga dikenalkan terkait sejarah, filosofi dan teknik pembuatan batik. 

Semoga tulisan tentang Meriahkan Hari Batik Nasional, The Alana Solo Ajak Pengunjung Membatik, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik