Profil dan Biodata RA Yashinta Sekarwangi, Anggota DPD Darah Biru Keraton Yogyakarta

Profil dan Biodata RA Yashinta Sekarwangi, Anggota DPD Darah Biru Keraton Yogyakarta

Nasional | sindonews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 15:39
share

Profil dan biodata RA Yashinta Sekarwangi telah resmi dilantik menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Yashinta merupakan putri sulung pasangan politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Aria Bima dan R Ay L Kartika Primartanti.

Yashinta menjadi Anggota DPD termuda di Dapil DIY. Ia meraih suara kedua terbanyak setelah GKR Hemas, istri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X pada Pemilu 2024. Yashinta memperoleh 470.211 atau 20,45 suara.

Baca juga: 3 Anggota DPD Termuda Periode 2024-2029, 2 di Antaranya Lulusan Kedokteran

Profil RA Yashinta Sekarwangi

Wanita berusia 28 tahun ini merupakan canggah (anak dari buyut) Sri Sultan HB VIII dari garis keturunan sang ibu, Raden Ayu Kartika Primartanti. Nama Yashinta sudah cukup populer di masyarakat Yogyakarta.

Yashina tumbuh di lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta yang erat dengan nilai-nilai budaya dan pengabdian pada masyarakat. Pada pendidikan formal, Yashinta pernah menempuh Sekolah Menengah Atas (SMA) di Binus International School Simprug (2012-2014). Lalu berhasil masuk perguruan tinggi di Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan Program Studi Hubungan Internasional (2014-2018). Kembali melanjutkan pendidikan, Yashinta menempuh S2 di Universitas Indonesia dengan Program Studi Ilmu Komunikasi (2021-2023).

Semasa pendidikannya, Yashinta turut aktif mengikuti banyak kegiatan sosial. Seperti saat masih mengenyam pendidikan di Binus International School Simprug, ia terlibat menjadi pengajar dalam kegiatan mengajar anak-anak kurang mampu. Lalu meneruskan aktivitas serupa sebagai pengajar serta pendamping anak-anak melalui organisasi Wahana Visi Indonesia dan Kisah Kasih pada rentang tahun (2020-2022).

Tidak hanya aktif dalam kegiatan mengajar. Yashinta juga tercatat pernah terlibat menjadi anggota pada organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) tahun 2014, lalu menjadi pengurus pada Dewan Mahasiswa Fisipol UGM tahun 2015-2016, hingga menjadi pengurus pada Keluarga Alumni Hubungan Internasional UGM Yogyakarta (KAHIGAMA) tahun 2022-sekarang.

Setelah berhasil lulus S1 pada 2018, Yashinta tidak langsung mencalonkan dirinya sebagai calon legislatif. Ia sempat bekerja sebagai pegawai kontrak di Kementerian Perdagangan (Kemendag) selama 3,5 tahun. Sewaktu masih kuliah, ia juga pernah mengikuti program magang di Kementerian Luar Negeri (Kemlu) lalu juga pernah menjadi asisten dosen almamaternya di UGM.

Bakat sebagai politikus dari kedua orang tuanya, ternyata juga mengalir pada diri Yashinta. Ia secara resmi mendaftarkan diri menjadi Calon Anggota DPD Dapil DIY periode 2024-2029 pada 13 Mei 2023 silam.

Yashinta berkomitmen dalam dua ide perjuangan. Pertama, mengenai pemenuhan hak dasar yang setara, seperti kesejahteraan, keamanan, dan pendidikan. Lalu kedua, terkait percepatan serta pengembangan potensi daerah dan SDM generasi muda. Ia siap untuk memprioritaskan anak muda, ibu-ibu, anak-anak, dan perempuan dalam pengabdian politiknya untuk Yogyakarta.

Atas dasar pengalaman yang tidak sembarangan, visi dan misi, komitmen, serta program kerja yang disusun sedemikian rupa. Yashinta berhasil meyakinkan masyarakat Yogyakarta untuk mempercayainya menempati kursi di DPD mewakili DIY.

Biodata RA Yashinta Sekarwangi

Nama: RA Yashinta Sekarwangi Mega

Tanggal Lahir: 25 Agustus 1996

Usia: 28 tahun

Pekerjaan: Politikus

Suami: Muhammad Raihan Dzaky

Ayah: Yohanes Aria Bima Trihastoto

Ibu: R Ay L Kartika Primartanti

Adik: Ignasia Sukma Putri, Patricia Arstuti Pramesti Putri

Almamater: Hubungan Internasional UGM (S1), Ilmu Komunikasi UI (S2)

MG/ Tiara Fitrianti Siregar

Topik Menarik