HPN Timor Leste, Menjadi Media Terbaik Hatutan.com Raih Penghargaan Media Nasional Terbaik 2024

HPN Timor Leste, Menjadi Media Terbaik Hatutan.com Raih Penghargaan Media Nasional Terbaik 2024

Nasional | belu.inews.id | Rabu, 16 Oktober 2024 - 19:00
share

BALIBO, iNewsBelu.id - Keluar menjadi yang terbaik  Media online Hatutan.com kembali  meraih penghargaan dari Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste ( RDTL) melalui Dewan Pers Timor Leste menjadi media nasional terbaik tahun 2024.

Pemberian penghargaan ini diberikan  secara langsung saat acara malam penghargaan perayaan hari nasional kebebasan pers Timor Leste yang berlangsung di Postu Administratif Balibo, Munisipiu Bobonaro, Rabu (16/10/2024). 

Perayaan hari kebebasan pers nasional Timor Lesta, tahun ini mengusung tema.

 “Suasana Kebebasan Pers Dalam Negara Demokrasi.” 

Menurut informasi penghargaan diberikan berdasarkan pertimbangan juri yang dipimpin anggota Dewan Pers Timor Leste Benevides Correia Barros, Hatutan.com mendapat nilai tertinggi dan memenuhi syarat sebagai media terbaik tahun 2024 berdasarkan empat aspek penting yang di atur dalam regulasi Dewan Pers Timor Leste tentang hadiah media nasional terbaik tahun 2024. 

 

Penghargaan dan kemenangan Hatutan.com sebagia media terbaik tahun 2024 ditetapkan melalui keputusan sidang pleno Dewan Pers Timor Leste  nomor 10/2024, tanggal 04 Oktober 2024. 

Adapun kriteria yang menjadi poin penting penting tersebut antara lain:

 (1) Hatutan.com adalah salah satu dari  40-an media nasional (media konvensional dan media online) yang mengajukan pendaftaran di Dewan Pers Timor Leste untuk berkompetisi meraih hadiah dengan kategori media terbaik 2024.

(2) Standar gaji atau upah untuk wartawan Hatutan.com rata-rata di atas upah minimum regional (UMR) yang ditetapkan pemerintah Timor Leste sebesar $115.00/bulan.

(3). Ranting kualitas berita yang disajikan Hatutan.com berkarakter  in-depth reporting dan investigative reporting.

 (4). Hatutan.com sangat menjunjung tinggi independensi wartawan atau independensi redaksi. 
 


Benevides Correia Barros anggota Dewan Pers Timor Leste mengatakan, berdasarkan catatan Dewan Pers Timor Leste, selama ini hampir semua pemberitaan  Hatutan.com  tidak menyalahi aturan hukum, tidak melakukan pelangaran etik, dan nyaris tidak mendapat sanksi administratif maupun teguran dari Dewan Pers Timor Leste. 

Penyerahan penghargaan itu diberikan langsung oleh wakil menteri untuk urusan parlementar, Edérito Hugo da Costa, ketua dewan pers Timor Leste, Otelio Ote dan ketua dewan juri Benevides  Correia Barros Wakil Menteri untuk urusan Parlementer, Adérito Hugo da Costa  kepada  Pimpinan Redaksi Hatutan.com, Francisco Belo Simões da Costa yang mewakili  CEO Hatutan.com, Raul Lemos. 

Francisco Simões  yang ditemu di sela-sela acara penerimaan hadiah tersebut menuturkan, seluruh jajaran redaksi  Hatutan.com (wartawan, kontributor, dan editor) sangat bersyukur atas penghargaan dan hadiah sebagai media nasional terbaik tahun 2024  oleh Dewan Pers Timor Leste. 

“Saya Merasa bangga dan terpuji sekali bisa bekerja sama dengan salah seorang pengusaha nasional Raul Lemos untuk merintis Hatutan.com pada tahun 2021 lalu. Saya juga Sangat mengapresiasi CEO Hatutan.com, Raul Lemos yang latar belakangnya bukan dari praktisi media atau bukan juga dari kalangan media tetapi beliau sangat memahami dan menjunjung tinggi independensi wartawan dan kebebasan pers,” ujar Fransisco  Simões yang akrab dipanggil  Quito Simões di kalangan wartawan Timor Leste tersebut.  

 

Menurut Fransisco , sejauh ini Raul Lemos selaku pengusaha nasional ternama di Timor Leste  tidak melakukan intervensi atas independensi redaksi dan bahkan tidak tangung-tangung untuk membela kebebasan pers dan independensi redaksi Hatutan.com. 

Dirinya menambahkan  Hatutan.com  telah meraih beberapa penghargaan tingkat nasional dan internasional, diantaranya penghargan atau juara dalam kompetisi penulisan berita in-depth terkait ulang tahun Telkomcel pada tahun 2022, penghargaan  hadiah Francisco Borja da Costa dari Dewan Pers Timor Leste untuk kategori penulisan jurnalistik bidang sosial media cetak dan online tahun 2023, juara  kompetisi foto berita Bernardino Guterres yang didedikasikan khusus untuk kategori foto berita terbaik tahun 2023. 

Penghargaan tingkat internasional  diraih oleh pimpinan redaksi Hatutan.com atas penghargaan internasional anti korupsi yang di berikan  langung oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), Antony Blinken di Washington pada 09 Desember 2023.

Dalam perayaan hari nasional kebebasan pers yang diperingati tanggal 16 Oktober setiap tahunnya, Dewan Pers Timor Leste menganugerahi lima penghargaan atau hadiah kepada wartawan dan perusahaan pers,  antara lain:

 (1) .Penghargaan Dewan Pers kepada media nasional yang memberikan perlakuan terbaik terhadap kesejahteraan dan pengembangan karir wartawan dan dalam penerapan kebijakan perusahaan pers memperhatikan hak dan royalti, pengembangan  karir, peningkatan sumber daya manusia, dan kenyamanan kerja.

 (2) .Penghargaan Adelino Gomes yang didedikasikan kepada wartawan yang melakukan laporan jurnalistik dalam bahasa Portugis dengan baik.

 (3).Penghargaan Francisco Borja da Costa yang diberikan kepada pemberitaan jurnalistik terbaik mengenai isu-isu kepentingan publik di media cetak dan online.

 (4).Penghargaan Greg Shackleton yang didedikasikan untuk pemberitaan jurnalistik tentang isu-isu kepentingan kemanusiaan di media elektronik; radio, dan televisi.

(5).Pernghargaan Bernardino Guterres yang didedikasikan khusus untuk kategori foto berita terbaik. 

 

Pemberian penghargaan ini sesuai dengan ketentuan  pasal 3 nomor 4 Undang-Undang nomor 5 tahun 2014  tanggal 19 November, Undang-Undang Pers Timor Leste nomor I pasal 6, peraturan nomor 2 tahun 2021 tanggal 17 Maret, tentang atribusi penghargaan jurnalisme oleh Dewan Pers Timor Leste  yang memungkinkan Dewan Pers Timor Leste mempertimbangkan kategori penghargaan dengan prosedur pembukaan penghargaan dan susunan panel juri. 

Oleh karena itu, pada tanggal 26 Maret 2024 melalui sidang pleno Dewan Pers Timor Leste memutuskan untuk membuka kompetisi berhadiah dengan susunan juri terdiri dari: Benevides Correia Barros (ketua juri), Xisto Viana (sekretaris), Alberico da Costa Junior (anggota), Dominica Dwikori Sitaresmi (anggota), dan Elisio Pinto Guterres Soares (anggota)  merekomendasikan media Hatutan.com kepada sidang pleno Dewan Pers Timor Leste sebagai pemenang hadiah untuk ketegori media terbaik nasional tahun 2024.   

Adapun, penghargaan atau hadiah  secara keseluruhan diberikan  ke beberapa pemenang karya jurnalistik terbaik 2024 dengan kategori sebagai berikut:

Penghargaan Adelino Gomes untuk kategori penulisan jurnalistik berbahasa portugis terbaik diberikan kepada jurnalis Eduardo Soares (media online Dilijente), penghargaan Francisco Borja da Costa untuk kategori penulisan jurnalistik bidang sosial media cetak dan online diberikan kepada Januario da Assunção (Harian umum Independente), dan penghargaan Greg Shckleton untuk karegori penulisan karya jurnalistik terbaik di bidang sosial khusus media radio dan televisi diberikan kepada Constancio dos Santos Viera (Radio dan Televisi Timor Leste/RTTL).

Topik Menarik