Perjalanan Karier Isyana Bagoes Oka, Calon Wakil Menteri Prabowo-Gibran

Perjalanan Karier Isyana Bagoes Oka, Calon Wakil Menteri Prabowo-Gibran

Nasional | okezone | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 15:45
share

JAKARTA - Nama Isyana Bagoes Oka mencuat usai dirinya turut menghadiri undangan Presiden terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, pada Selasa 15 Oktober 2024. Keberadaan Isyana di tengah banyak tokoh hingga politisi di Kertanegara mengisyaratkan dirinya bakal bergabung dengan Kabinet pemerintahan baru sebagai Wakil Menteri.

Untuk diketahui, nama Isyana Bagoes tak asing oleh sebagian kalangan, terutama di industri media massa dan modeling. Parasnya yang menawan dan cantik, Isyana cukup lama menekuni profesi model.

Pada tahun 2000, Isyana memulai karirnya di industri hiburan Tanah Air. Dia mengikuti ajang kecantikan Pemilihan Wajah Femina. Bahkan, ia juga sempat membintangi sebuah film televisi (FTV) dan menjadi bintang iklan hingga model video klip.

Lalu, Isyana melanjutkan kariernya sebagai wartawan. Pada 2004, perempuan kelahiran Jakarta 1980 itu menjadi reporter di Trans TV. Kemudian pada 2007 dia bergabung dengan RCTI sebagai presenter Buletin Malam dan Buletin Siang.

Isyanya kemudian melanjutkan karirnya sebagai pembawa berita dan pembawa acara talkshow di beberapa stasiun televisi swasta, seperti Sindo TV, Kompas TV dan Fox Sports Asia.

Sebagai jurnalis, Isyana banyak meliput peristiwa-peristiwa penting, misalnya insiden tsunami di Aceh dan kasus Bom Bali II.

Usai tak lagi menjadi jurnalis, Isyana bersama rekan-rekannya seperti Grace Natalie, Raja Juli Antoni berinisiatif mendirikan partai politik, yang kini dikenal sebagai Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

 

Lewat PSI dia memulai karir politiknya. Meski PSI belum berhasil lolos dalam Pemilu 2019, Isyana tetap aktif dalam dunia politik dan terus memperjuangkan visi partainya.

Profil Isyana Bagoes Oka menunjukkan bahwa dedikasi dan keragaman pengalaman dapat mengantarkan seseorang ke posisi berpengaruh dalam dunia politik.

Dari seorang model dan jurnalis hingga menjadi Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia, Isyana telah memperlihatkan ketekunan dan berkomitmen.

Biodata:

Nama: Isyana Bagoes Oka

Tanggal Lahir: 14 September 1980

Tempat Lahir: Jakarta, Indonesia

Orang Tua: I Gusti Benkel Bagoes dan Meike Bagoes Oka

Karier Awal: Model, juara favorit pilihan pembaca pada ajang Pemilihan Wajah Femina tahun 2000

Wawancara Tokoh Internasional: George W. Bush dan Hillary Clinton

Pendidikan:

Isyana Bagoes Oka merupakan alumni dari jurusan Hubungan Internasional di Universitas Indonesia, dirinya lulus program Sarjana S1 di tahun 2003.

Topik Menarik