Viral Pohon Sukun di Sumenep Menyemburkan Api, Warga Kaitkan dengan Aktivitas Gaib

Viral Pohon Sukun di Sumenep Menyemburkan Api, Warga Kaitkan dengan Aktivitas Gaib

Terkini | okezone | Senin, 30 September 2024 - 16:11
share

SUMENEP - Sebuah pohon sukun di Sumenep, Jawa Timur mendadak viral usai dinarasikan mengeluarkan api.

Dalam video berdurasi 50 dan 53 detik yang tersebar di dunia maya, api muncul seperti gas saat angin bertiup. Dalam video tersebut juga tampak api keluar dari tujuh batang pohon.

Diketahui, fenomena pohon sukun tersebut berada di Desa Pancor, Kecamatan Gayam, Kepulauan Sepudi, Sumenep, Madura Jawa Timur. Peristiwa yang tak biasa itu pun viral di media sosial hingga menjadi tontonan warga setempat.

Menyikapi hal tersebut, Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti menegaskan fenomena tersebut bukan merupakan fenomena gaib, melainkan fenomena alam dampak musim kemarau.

Menurutnya, petugas telah mengecek pohon sukun yang keluarkan api tersebut. Saat ini pohon tua yang telah kering terbakar itu roboh akibat terjangan angin.

"Terkait fenomena alam terbakarnya pohon di Pulau Sepudi, di mana itu bukan fenomena gaib, melainkan fenomena alam, di mana pohon itu dalam kondisi kering, jadi tengahnya itu sudah keropos, akhirnya di cuaca yang panas ini, dari gesekan-gesekan angin, hingga menimbulkan percikan api, api tersebut muncul kurang lebih hanya beberapa jam, karena kondisi pohon yang sudah kering dan keropos, pohon itu roboh dengan sendirinya," kata AKP Widiarti.

Topik Menarik