Alumni Beri Penguatan Tentang Personal Branding kepada Lulusan FISIP UPNVJ

Alumni Beri Penguatan Tentang Personal Branding kepada Lulusan FISIP UPNVJ

Terkini | okezone | Selasa, 1 Oktober 2024 - 11:47
share

JAKARTA - Co-owner The Nusantara Bulletin Sydney Azzahra mengatakan lulusan perguruan tinggi negeri perlu membangun personal branding, terutama di dunia digital, untuk menghadapi persaingan setelah lulus.

"Mengapa perlu personal branding? Karena banyak orang yang masih menilai buku dari sampulnya," kata alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta dalam Pembekalan Lulusan FISIP UPNVJ yang diadakan di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata Kemdikbudristekdikti, Sawangan, Depok, Sabtu (28/9/2024).

Menurut Sydney, kita saat ini hidup di era digital yang banyak terdapat misinformasi dan disinformasi. Karena itu, personal branding menjadi suatu hal yang penting untuk melawan informasi-informasi yang salah mengenai diri kita.

Dalam membangun personal branding, Sydney mengatakan ada tiga pertanyaan yang perlu dijawab, yaitu siapa diri kita, bagaimana orang di sekitar kita melihat kita, dan apa yang dikatakan Google tentang kita.

"Google menjadi salah satu instrumen penting karena kita hidup di era digital. Bagaimana kita bisa eksis kalau kita belum terdaftar di dunia digital," jelasnya.

Saran lain yang diberikan Sydney dalam membangun personal branding adalah menjadi diri sendiri dan tidak perlu berbohong.

"Jangan berpura-pura. Kita highlight saja hal-hal terbaik dalam diri kita. Kekurangan-kekurangan kita, kita tinggalkan dengan menonjolkan hal-hal terbaik kita," katanya.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta memberikan pembekalan kepada 447 lulusan yang akan diwisuda pada Wisuda ke-73 pada 12 Oktober 2024 mendatang.

"Wisuda periode ini, FISIP meluluskan wisudawan paling banyak dibandingkan fakultas lain. Lulusan FISIP berkontribusi pada peringkat UPNVJ yang saat ini di posisi dua nasional untuk Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU)," kata Dekan FISIP UPNVJ Dr. S. Bekti Istiyanto dalam sambutannya.

Bekti mengatakan FISIP UPNVJ saat ini memiliki target tujuan "Lebih Maju, Unggul, Mendunia". Selain ditunjukkan dengan jumlah lulusan terbanyak, setahun terakhir mahasiswa FISIP UPNVJ juga berhasil meraih banyak prestasi.

Topik Menarik