Orang Terkaya Indonesia yang Punya Sekolah dan Kampus

Orang Terkaya Indonesia yang Punya Sekolah dan Kampus

Terkini | okezone | Selasa, 1 Oktober 2024 - 12:08
share

JAKARTA - Orang terkaya Indonesia ini memiliki sekolah dan kampus. Di antaranya, Hary Tanoesoedibjo, Ciputra hingga Joseph Wibowo Hadipoespito.

Selain menjalani bisnis yang beragam sektor, pengusaha ini memiliki kepedulian untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, pengusaha dan pebisnis ini membangun institusi pendidikan dan universitas.

Ini dia orang terkaya di Indonesia yang memiliki sekolah dan kampus:

1. Putera Sampoerna

Putera Sampoerna, cucu dari pendiri PT HM Sampoerna tbk, Liem Seeng Tee, diperkirakan memiliki kekayaan sebesar USD1,75 miliar pada tahun 2023.

Dirinya mendirikan Universitas Sampoerna yang berlokasi di Jakarta dan telah beroperasi sejak 2013 sebagai bagian dari Sampoerna Schools System Indonesia.

2. Hary Tanoesoedibjo

Hary Tanoesoedibjo merupakan salah satu orang terkaya Indonedia. Dia menduduki peringkat ke-39 orang terkaya di Indonesia dengan harta kekayaan sebesar Rp15 triliun.

Menariknya, dia juga mendirikan MNC University, sebuah kampus swasta yang terletak di Jakarta Barat. Kampus ini menawarkan kurikulum yang berfokus pada kemajuan teknologi dan ekonomi digital, serta didukung oleh pengajar yang merupakan lulusan universitas terkemuka baik di dalam maupun luar negeri dengan reputasi internasional.

3. Joseph Wibowo Hadipoespito dan Theresia Widia Soerjaningsih

Sebagai pendiri universitas, mereka memiliki determinasi tinggi untuk mendirikan kampus yang sejarahnya dapat ditarik hingga tahun 1974, hingga resmi menggunakan nama Universitas Bina Nusantara (BINUS) pada tahun 1996.

Meskipun awalnya hanya berupa institusi pelatihan komputer, kini BINUS telah tumbuh menjadi salah satu brand pendidikan dengan popularitas tinggi. Selain itu, universitas ini juga telah menghasilkan banyak alumni yang berkarir di berbagai sektor penting.

4. Keluarga Ciputra

Kampus Ciputra didirikan oleh Ir. Ciputra, yang juga dikenal sebagai Tjie Tjin Hoan, seorang pengusaha sukses di Indonesia di sektor properti. Ia adalah pemilik Jaya Group, Ciputra Group, dan Metropolitan Group.

Pada 2023, kekayaannya diperkirakan mencapai USD1,7 miliar. Dengan jumlah tersebut, membangun sebuah kampus tentu bukan hal yang sulit. Keluarga Ciputra kemudian mendirikan Universitas Ciputra di Surabaya, dengan tujuan untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan tentang kewirausahaan.

Topik Menarik