Suswono Jelaskan soal Program Rp200 Juta per RW di Jakarta

Suswono Jelaskan soal Program Rp200 Juta per RW di Jakarta

Terkini | okezone | Rabu, 2 Oktober 2024 - 06:31
share

JAKARTA - Calon Wakil Gubernur nomor urut 1, Suswono berbicara perihal program Rp200 juta per RW dalam diskusi Rakyat Bersuara bertajuk 'Adu Gagasab Perdana Cawagub Jakarta', Selasa (1/10/2024). 

Menurutnya, program Rp200 juta per RW setiap tahunnya merupakan upaya pihaknya agar terciptanya kemandirian dalam mengatasi masalah-masalah yang ada di lingkungan tersebut. "Itu kan salah satu dari upaya desentralisasi agar RW-RW tersebut bisa menyelesaikan persoalan di RW-nya sendiri dengan kita stimulan Rp200 juta per tahun," kata Suswono. 

"Artinya, dalam 5 tahun berarti kan Rp1 miliar, jadi nanti prioritas mana dulu, misalnya di situ daerah banjir, nanti gimana mengatasi banjir di RW ini, supaya paling tidak tahun ini bebas banjir," sambungnya. 

Suswono melanjutkan, jika masalah utama sudah bisa teratasi, ia menyebutkan jika ada dana yang tersisa maka bisa digunakan untuk keperluan masyarakat lainnya. 

"Nanti setelah selesai bisa saja untuk urusan ekonomi, bagaimana pemberdayaan ekonomi di RW itu. Intinya nanti RW sendiri yang berembug berunding dengan kelompok-kelompok masyarakat yang ada di situ," ujarnya. 

Eks Menteri Pertanian itu menambahkan, pihaknya pun akan menyediakan konsultan terkait program tersebut. Soal penanganan banjir ia mencontohkan, di setiap kecamatan akan disediakan satu arsitek untuk bisa dimintai konsultasi terhadap permasalahan yang dihadapi warga. 

 

Sebelumnya, Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK) dan Suswono atau RIDO akan memberi perhatian khusus kepada pengurus RT-RW. Insentif mereka akan dinaikkan agar pelayanan kepada warga maksimal.

Selain itu, wilayah RT juga akan diberi dana Rp200 juta. RK berharap dana itu mendukung program pengembangan akar rumput.

“Dalam kaitan dengan desentralisasi anggaran RW, penghasilan pengurus RT-RW yang kerja keras luar biasa akan kita naikkan,” ujar RK setelah berziarah di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat, Rabu 25 September 2024.
 

Topik Menarik