HUT ke-79 TNI, Panglima: Prajurit Profesional Harus Dapatkan Kesejahteraan yang Baik

HUT ke-79 TNI, Panglima: Prajurit Profesional Harus Dapatkan Kesejahteraan yang Baik

Nasional | okezone | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 14:35
share

JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-79 pada besok, Sabtu 5 Oktober 2024. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan harapannya agar para prajurit semakin profesional melalui peningkatan kesejahteraan, pelatihan, dan perlengkapan yang memadai.

Hal itu disampaikan Agus usai menjadi inspektur upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Dia pun menekankan pentingnya visi misinya, yaitu PRIMA (Profesional, Responsif, Inovatif, Modern, dan Adaptif).

"Prajurit yang profesional harus mendapatkan kesejahteraan yang baik, dilatih dengan baik, dan dilengkapi peralatan yang memadai," ungkap Agus, Kamis (4/10/2024). 

Agus menggarisbawahi pentingnya peningkatan sikap dan perilaku prajurit. Ia menjelaskan bahwa pimpinan di setiap satuan TNI telah memberikan penyuluhan hukum dan hak asasi manusia (HAM) untuk mendukung pengembangan karakter prajurit.

"Kita harapkan tingkah laku prajurit semakin baik, karena mereka dilatih dengan baik dan diperlengkapi dengan baik. Selain itu, kami juga membentuk organisasi-organisasi baru yang bertujuan untuk kebaikan intern TNI," imbuhnya.

HUT TNI akan dirayakan di Monas, Jakarta Pusat. Tahun ini, puncak perayaan dipusatkan di Monas, Jakarta, dengan serangkaian acara, dari parade militer, defile alutsista, terjun payung, hingga fly pass. Sebanyak lebih dari 100 ribu personel TNI dan alutsista dari tiga matra (AD, AL, AU) akan berpartisipasi menampilkan kemampuan dan kesiapan TNI dalam menjaga kedaulatan negara.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto menyebutkan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengajak seluruh masyarakat menyaksikan perayaan HUT TNI. Dia juga memohon doa dari seluruh masyarakat agar kegiatan berjalan lancar dan sukses.

 

Dia mengatakan TNI akan mempersilakan masyarakat menumpang di alutsista yang nanti dipamerkan saat perayaan ulang tahun. Alutsista itu rencananya bergerak ke depan panggung utama melintasi tamu VVIP.

"Masyarakat boleh menumpang alutsista, nanti bisa lewat di depan mimbar upacara, di situ bisa ada presiden, bisa ada defile. Silakan, jadi kita bersama-sama dengan rakyat berjuang dengan rakyat, kemudian untuk kepentingan rakyat. Kita juga laksanakan ada makan gratis dan pembagian sembako," tuturnya.

Topik Menarik