Viral Americano Disebut Cocok untuk Diet, Ini Penjelasannya

Viral Americano Disebut Cocok untuk Diet, Ini Penjelasannya

Terkini | okezone | Senin, 7 Oktober 2024 - 18:45
share

KOPI hitam atau americano cukup banyak diminati masyarakat dunia. Rasanya yang khas dan kuat membuat minuman ini banyak diminati masyarakat. 

Di balik rasanya yang nikmat, americano juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh termasuk cocok untuk Anda yang sedang program diet. Hal ini diungkap salah satu netizen pemilik akun TikTok, @nindyaptrri. Dia mengungkap minuman kopi americano sangat bagus dan bermanfaat untuk Anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan.

“Yang lagi det gak usah lagi minum slimming-slimmingan, lo cukup minum americano sehari sekali atau dua kali sehari. Itu benar-benar bikin berat badan lo turun,” kata netizen tersebut, dikutip Senin (7/10/2024).

Netizen itu mengatakan semenjak mengonsumsi americano, nafsu makannya mulai berkurang sehingga sangat memengaruhi proses dietnya. Meski rasanya kuat dan disajikan tanpa gula, netizen ini berusaha untuk membiasakan diri mengonsumsi americano karena merasakan manfaatnya untuk menurunkan berat badan.

Americano disebut cocok untuk diet. (Foto: Freepik)

Lantas, apakah benar americano memiliki manfaat untuk diet dan menurunkan berat badan?

Melansir Americano Lounge, zat kafein yang terdapat pada americano nyatanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi dengan baik dan benar. Kafein merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Selain itu, kafein dapat meningkatkan laju metabolisme hingga tiga hingga 11 persen

Americano mengandung lebih banyak kafein daripada kopi biasa. Ini dapat memberikan dorongan ekstra pada metabolisme hingga membantu pembakaran kalori. Jumlah kalori yang lebih rendah pada kedua jenis kopi ini menjadikannya alternatif yang lebih sehat daripada minuman manis yang sering dikonsumsi selama perjalanan penurunan berat badan.

 

Melansir Times of India, americano atau kopi hitam dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat, khususnya saat dikonsumsi sebelum Anda berolahraga. Kopi hitam membantu meningkatkan metabolisme hingga sekitar 50 persen. 

Kopi hitam ini juga membakar lemak di perut karena merupakan minuman pembakar lemak. Americano juga merangsang sistem saraf yang memberi sinyal kepada tubuh untuk memecah sel-sel lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi, bukan glikogen. Meski bermanfaat untuk tubuh termasuk menurunkan berat badan, konsumsi americano atau kopi hitam juga perlu diperhatikan. 

Healthline menyebut kandungan kafein dalam kopi sangat bervariasi, berkisar antara 50 hingga lebih dari 400 mg per cangkir. Sebagai aturan umum, secangkir kopi berukuran 240 ml rata-rata mengandung sekitar 100 mg kafein. Beberapa sumber menyatakan bahwa 400 mg kafein per hari — setara dengan empat cangkir (945 ml) kopi. Jumlah tersebut masih aman dikonsumsi orang dewasa dengan catatan tak ada masalah kesehatan lainnya.

Topik Menarik