Luar Biasa! Ini 5 Manfaat Besar Membaca Surat Ar-Rahman

Luar Biasa! Ini 5 Manfaat Besar Membaca Surat Ar-Rahman

Terkini | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 08:06
share

LUAR biasa! Ini 5 manfaat besar membaca Alquran Surat Ar-Rahman. Surat ini memiliki arti "Yang Maha Pemurah". Berada di urutan ke-55 dalam kitab suci Alquran, Surat Ar-Rahman berisi 78 ayat. Kemudian masuk golongan Madaniyyah atau turun di Kota Madinah. 

Dilansir laman Almanhaj, dinamakan Surat Ar-Rahman karena diawali dengan nama Allah Ar-Rahmaan. Ar-Rahmaan berarti Yang memiliki kasih sayang kepada seluruh makhluk di dunia dan kasih sayang kepada orang-orang yang beriman di akhirat. 

Manfaat Membaca Surat Ar-Rahman

Surat Ar-Rahman memiliki banyak manfaat keutamaan, di antaranya adalah:

1. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membacakan surat ini kepada para jin secara khusus dan mereka tidak mendustakan kenikmatan-kenikmatan yang Allah Subhanahu wa ta'ala telah berikan kepada mereka. 

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/7cO06R3qzWY?si=pbGCtRkzzPAcZxul" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" referrerpolicy="strict-origin-when-cross-origin" allowfullscreen></iframe> 

Diriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu, dia berkata:

خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم عَلَى أَصْحَابِهِ فَقَرَأَ عَلَيْهِمْ سُورَةَ الرَّحْمَنِ مِنْ أَوَّلِهَا إِلَى آخِرِهَا فَسَكَتُوا فَقَالَ: (( لَقَدْ قَرَأْتُهَا عَلَى الْجِنِّ لَيْلَةَ الْجِنِّ فَكَانُوا أَحْسَنَ مَرْدُودًا مِنْكُمْ كُنْتُ كُلَّمَا أَتَيْتُ عَلَى قَوْلِهِ { فَبِأَىِّ آلاَءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ } قَالُوا: لاَ بِشَىْءٍ مِنْ نِعَمِكَ رَبَّنَا نُكَذِّبُ فَلَكَ الْحَمْدُ.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar untuk menemui para Sahabat Beliau, kemudian Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam membacakan Surat Ar-Rahman kepada mereka dari awal hingga akhir surat, kemudian mereka pun diam. Kemudian Beliau berkata, "Aku telah membaca surat ini kepada para jin di malam pertemuan dengan jin, kemudian mereka lebih baik responsnya daripada kalian. Ketika aku membaca ayat, (yang artinya, 'Maka nikmat-nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian berdua dustakan?') mereka menjawab, 'Tidak ada sesuatu apa pun dari nikmatmu wahai Rabb kami yang kami dustakan, untuk-Mu segala pujian'." (4)

(HR At-Tirmidzi nomor 3291 dan Al-Hakim II/215/3766. Imam Adz-Dzahabi mengatakan, "Sesuai syarat Al-Bukhari dan Muslim." Syekh al-Albani rahimahullah menghasankan hadits ini dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi) 

2. Surat ini diawali dengan nama Allah Ar-Rahman. Tidak ada surat di dalam Alquran yang diawali dengan nama Allah Azza wa Jalla kecuali surat ini.

3. Tidak ada surat yang ayatnya diulang sampai 31 kali kecuali di dalam Surat Ar-Rahman. 

Topik Menarik