Riwayat Karier Militer Mayor Teddy, Lulusan Terbaik <i>US Army Infantry School</i> Kini Jabat Sebagai Seskab Kabinet Merah Putih

Riwayat Karier Militer Mayor Teddy, Lulusan Terbaik US Army Infantry School Kini Jabat Sebagai Seskab Kabinet Merah Putih

Nasional | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 17:53
share

JAKARTA - Riwayat karier militer Mayor Teddy menjadi sorotan. Sebab, lulusan terbaik US Infantry School itu kini menjabat sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) di Kabinet Merah Putih.

Mayor Teddy Indra Wijaya ditunjuk secara resmi oleh presiden ke delapan Republik Indonesia, Prabowo Subianto sebagai Seskab di Kabinet Merah Putih. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2024 malam.

Mayor Teddy dikenal sebagai ajudan Prabowo Subianto selama menjabat sebagai menteri pertahanan. Dirinya juga sempat menjadi ajudan mantan Presiden Joko Widodo. Namun, sebelum mengemban tugas-tugas tersebut, dirinya dikenal sebagai seorang anggota militer yang cerdas.

Mayor Teddy Indra Wijaya lahir di Manado, Sulawesi Utara pada 14 April 1989. Ia merupakan putra dari pasangan anggota TNI, Kolonel Inf. (Purn) Giyono dan Mayor Caj (K) Patris R.A. Rumbayan.

Lahir dari keluarga militer, Teddy pun memiliki ketertarikan mengikuti jejak kedua orangtuanya sejak kecil. Tak ayal, dirinya memilih untuk menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara, salah satu sekolah yang banyak melahirkan perwira tinggi di TNI.

Setelah lulus dari SMA Taruna Nusantara, dirinya kemudian melanjutkan pendidikannya dengan masuk ke akademi militer (akmil) dan lulus pada 2011. 

 

Sejak bertugas di militer, Mayor Teddy sempat mengikuti beberapa kursus spesialis di Kopassus. Bukan hanya itu, dirinya juga sempat mengikuti sekolah intelijen di Australia pada 2015 dan mengikuti sejumlah pendidikan sekolah spesialis di Amerika Serikat.

Salah satunya adalah ia mengikuti pendidikan di Ranger School, Amerika Serikat. Di program pelatihan militer paling bergengsi di dunia ini, ajudan Prabowo Subianto itu sukses meraih Tab Ranger yang merupakan penghargaan sebagai pasukan elite Angkatan Darat Amerika Serikat.

Prestasi lainnya yang dicatatkan Mayor Teddy adalah saat dirinya menempuh pendidikan di US Infantry School pada tahun 2019. Pada pelatihan yang digelar di Fort Beginning itu, pria berusia 35 tahun itu sukses meraih predikat International Honor Graduate diantara 185 perwira dari berbagai negara yang ikut serta.

Selain lulusan terbaik US Army Infantry School, Mayor Teddy juga meraih penghargaan Commandant List Award dan Golden APFT. Keduanya merupakan penghargaan fisik yang sangat prestisius.

 

Setelah berkarier di dunia militer dan menjadi ajudan presiden hingga menteri pertahanan, kini Mayor Teddy Indra Wijaya beralih tugas menjadi Seskab di Kabinet Merah Putih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Nantinya, Mayor Teddy akan bertugas untuk memberikan dukungan manajemen kabinet yang berkualitas. Dirinya juga akan memberikan sejumlah rekomendasi yang tepat atas penyelenggaraan pemerintahan hingga peningkatan kualitas pelayanan administrasi, sumber daya manusia, dan juga sarana dan prasarana di lingkungan Sekretariat Kabinet.

Topik Menarik