Survei LSI: Pramono-Rano 41,6, RK-Suswono 37,4 dan Dharma-Kun 6,6

Survei LSI: Pramono-Rano 41,6, RK-Suswono 37,4 dan Dharma-Kun 6,6

Terkini | okezone | Rabu, 23 Oktober 2024 - 13:49
share

JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta. Hasilnya, pasangan Pramono Anung-Rano Karno elektabilitasnya mengungguli pasangan Ridwan Kamil-Suswono dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan memaparkan hasil simulasi tiga pasang nama kandidat calon gubernur-calon wakil gubernur. Hasilnya, Pramono Anung-Rano Karno 41,6.

Responden diberikan pertanyaan ‘Kalau pemilihan Gubernur Daerah Khusus Jakarta diadakan hari ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih di antara pasangan nama berikut?'

“Yang memilih Pasangan Pramono Anung dan Rano Karno (Si Doel) dengan dukungan 41,6,” kata Djayadi saat memaparkan Rilis Temuan Survei Pilkada Jakarta: Siapa Unggul Pasca Debat Perdana?, Rabu (23/10/2024).

Pasangan Pramono-Rano disusul oleh pasangan Ridwan Kamil-Suswono dengan 37,4 dukungan dan pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana mendapat dukungan 6,6. Djayadi menambahkan sebanyak 14,4 merupakan massa mengambang atau tidak menjawab. 

Jika dibandingkan pada awal bulan September lalu dengan tiga lembaga survei dari LSI, Poltracking dan Charta, bulan Oktober 2024, elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) mengalami penurunan. Sedangkan, pasangan Pramono Anung-Rano Karno cenderung mengalami tren kenaikan. 

 

Untuk informasi, survei ini menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error)±2.9 pada tingkat kepercayaan 95, dengan asumsi simple random sampling. Sampel berasal dari seluruh Kota Administratif di Provinsi Daerah Khusus Jakarta yang terdistribusi secara proporsional.

Sampel sebanyak 1.200 orang. Teknik pengambilan jawaban dengan melakukan wawancara tatap muka. Survei dilakukan pada 10-17 Oktober 2024.

Topik Menarik