Pilkada 2024, PKS Paparkan Program Prioritas di Jabar dan Kota Depok

Pilkada 2024, PKS Paparkan Program Prioritas di Jabar dan Kota Depok

Terkini | okezone | Rabu, 23 Oktober 2024 - 21:31
share

JAKARTA - Momentum Pilkada bukan sekedar menebar janji, tapi lebih pada menerap aspirasi dan menegaskan komitmen menghidupkan seni dan budaya menjadi lebih bernilai dan memberikan penghidupan yang layak bagi seniman dan budayawan agar bisa sejahtera dari karya-karyanya. 

Hal itu ditegaskan oleh Afwan Riyadi, Wakil Ketua Bidang Seni dan Budaya DPP PKS. Ia menegaskan, jika Pasangan Ahmad-Syaikhu-Ilham Habibie untuk Pilkada Jawa Barat dan Imam-Ririn untuk Pilkada Kota Depok terpilih, pembangunan sektor seni dan budaya menjadi salah satu prioritas pembangunan. 

“Apalagi di Kota Depok, jadi salah satu barometer tumbuh kembangnya seni dan budaya di Jawa Barat dan Nasional. Banyak budayawan dan seniman tinggal di Depok, dari Alm WS Rendra, Iwan Fals, dan pegiat seni betawi, Jawa, dan lainnya dari berbagai etnis yang ada, banyak yang berkembang di Kota Depok, karena  itu, seni dan budaya di Kota Depok dan Jawa Barat adalah bagian yang penting diperhatikan, pasangan ASIH dan Iman-Ririn,” kata Afwan dalam keterangannya, Selasa (22/10/2024).

Selain itu, kata dia, Kota Depok potensial dikembangkan sebagai Pusat Kesenian dan kebudayaan yang dapat menjadi magnet wisatawan dan edukasi seni budaya. 

Beberapa seniman senior menyuarakan pentingnya pembangunan gedung kesenian yang mampu menampung berbagai jenis pertunjukkan kesenian dan pentas budaya. 

“Depok butuh gedung kesenian, banyak aset Pemkot yang ada bisa dimanfaatkan untuk gedung kesenian dan pentas-pentas budaya, saya minta jika Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie di Jawa Barat menang  di Jawa Barat dan Imam-Ririn menang di Kota Depok, gedung kesenian di Depok harus diwujudkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Uyung Mahagenta, Pemilik Sanggar Musik Klasik menegaskan, bahwa saat ini seniman dan budayawan dituntut untuk punya daya juang sendiri. 

 

"Saya harap Imam –Ririn di kota Depok punya  landmark dan road map kesenian dan kebudayaan yang jelas agar kami, para , seniman dan budayawan bisa hidup dari karya-karya kami. Seniman tidak bisa sendiri, semua  butuh dukungan pemerintah,” ungkapnya. 

Asma Nadia, Penulis Novel pun angkat bicara perihal ancaman akan kematian budaya literasi sudah membahayakan.

"Banyak toko buku yang tutup, antusiasme gen Z untuk baca buku berkurang, tugas pemerintah adalah menciptakan pasarnya, agar seniman bisa berkarya dan hidup dari karyanya,” kata Salah satu Penggagas Komunitas Penulis Forum Lingkar Pena ini.

Diketahui, komitmen PKS dalam membangun seni dan budaya tak lagi diragukan. Salah satu misi pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie menyatakan bahwa 
program-program ekstrakurikuler dan kegiatan budaya yang mendorong siswa memahami dan menghargai nilai-nilai Pancasila serta budaya lokal.

Pasangan ASIH juga berkomitmen untuk mendorong peran serta aktif pemuda
dalam kegiatan keagamaan yang positif dan bermanfaat untuk membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan memiliki integritas.

Topik Menarik