Natalius Pigai Punya Harta Kekayaan Rp4,3 Miliar, Menteri HAM yang Minta Rp20 Triliun

Natalius Pigai Punya Harta Kekayaan Rp4,3 Miliar, Menteri HAM yang Minta Rp20 Triliun

Terkini | okezone | Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:06
share

JAKARTA - Harta kekayaan Menteri HAM Natalius Pigai. Pria kelahiran 1975 ini dilantik menjadi Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran.

Pigai ditunjuk Presiden RI Prabowo Subianto untuk menjabat sebagai Menteri Hak Asasi Manusia (HAM).

Menteri Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai saat ini sedang menjadi sorotan publik. Baru sehari setelah dilantik sebagai Menteri HAM, ia meminta anggaran sebesar Rp20 triliun untuk Kementerian HAM, yang membuat trending topic di X.

Natalius Pigai dikenal sebagai tokoh kritis dalam perjuangan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia. Sejak muda, ia telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam membela hak-hak masyarakat, terutama kelompok yang terpinggirkan, dan ia merupakan lulusan Sekolah Tinggi Pemerintah Masyarakat Desa di Yogyakarta dengan gelar Sarjana Ilmu Pemerintah (SIP).

Natalius Pigai terakhir kali melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2019. Saat itu, ia mengisi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) karena mencalonkan diri sebagai pimpinan KPK.

Saat menjabat sebagai Menteri HAM, kekayaan Natalius Pigai tercatat sebesar Rp4.370.000.000, atau sekitar Rp4,37 miliar. Pigai pun tercatat tidak memiliki utang sepeser pun.

Pigai dalam LHKPN, tercatat memiliki harta berupa alat transportasi dan mesin Rp 300.000.000. Dia memiliki kendaraan Mobil CRV Jeep tahun 2011. Menariknya, Pigai ternyata tidak memiliki harta berupa tanah dan bangunan. Artinya, ia tidak memiliki aset properti atas namanya.

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8yMy8xLzE4NjI4My8zL0hpR0tBUElhMEVZ" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

Topik Menarik