Nasib Merdeka Belajar, Peningkatan Kualitas Guru Matematika, IPA dan BK Jadi Fokus Utama

Nasib Merdeka Belajar, Peningkatan Kualitas Guru Matematika, IPA dan BK Jadi Fokus Utama

Terkini | okezone | Kamis, 24 Oktober 2024 - 17:44
share

JAKARTA - Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasemen) akan fokus kepada peningkatan kualitas guru. Utamanya untuk mata pelajaran Matematika, IPA dan Bimbingan Konseling (BK).

Pertama, peningkatan kualitas guru matematika yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan numerasi murid. Kedua, peningkatan kualitas guru IPA, sesuai dengan prioritas pemerintah untuk peningkatan kemampuan siswa dalam bidang sains dan teknologi. Ketiga, peningkatan bimbingan konseling (BK) melalui dua pendekatan, yaitu peningkatan kualitas guru BK dan pelatihan untuk guru-guru bidang studi untuk memiliki kemampuan konseling.

“Jadi, pendidikan tidak hanya sekadar mengajarkan dan mentransformasikan ilmu, tetapi juga berkaitan dengan pemenuhan nilai dalam setiap bidang studi,” ucap Abdul Mu'ti dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (24/10/2024).

Sebelumnya, pada Selasa (22/10/2024), Presiden Prabowo Subianto memanggil Abdul Mu'ti saat ke Istana Kepresidenan Jakarta. Usai dipanggil, Abdul Mu'ti diminta untuk memperbaiki metode pembelajaran matematika, terutama di tingkat SD untuk meningkatkan kualitas ilmu sains dan teknologi yang diperoleh siswa.

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8yMS8xLzE4NjIyOC8zL18yN0t6aHFNbk5Z" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

"Tadi Presiden menekankan pentingnya kualitas pembelajaran matematika dan bagaimana metode pembelajarannya diperbaiki termasuk di dalamnya ya konsekuensi untuk pelatihan guru matematika," ujarnya.

Seperti diketahui, setelah penetapan Kabinet Merah Putih dan sertijab dengan menteri Era Presiden Joko Widodo, banyak kalangan mempertanyakan mengenai kelanjutan program Kurikulum Merdeka Belajar.

Topik Menarik