Kenapa Para Menteri Digembleng Latihan Baris-berbaris di Akmil Magelang? Ini Alasan Prabowo

Kenapa Para Menteri Digembleng Latihan Baris-berbaris di Akmil Magelang? Ini Alasan Prabowo

Nasional | okezone | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 10:01
share

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto memberikan pembekalan terhadap para menterinya di Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). Retreat Kabinet Merah Putih dimulai dengan olahraga dan baris berbaris di Lapangan Sapta Marga.

Para pembantu Presiden itu sudah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB. Kemudian, pada pukul 05.15, mereka sudah berkumpul di Lapangan Sapta Marga.

Saat para anggota kabinet tiba di lapangan, Prabowo ternyata menjadi orang pertama terlebih dahulu hadir di lapangan. Ia ingin memberikan contoh disiplin kepada para pembantunya.

Prabowo mengatakan, latihan tersebut seperti baris-berbaris bukan latihan kemiliteran. Namun, melainkan untuk menyamakan frekuensi dan gerak langkah sebagai pemerintah. 

"Kita harus bergerak seirama dengan tujuan yang sama. Pemerintah itu tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan sebagai tim," kata Prabowo dalam keterangannya, Jumat.

 

Menurut Prabowo, kerja sama tim terbaik dapat dilihat dari sepak bola, di mana semua pemain harus memiliki keyakinan dan tujuan yang sama. Tim Kabinet Merah Putih juga harus menyadari bahwa mereka berkompetisi dengan negara-negara lain.

Presiden, Wakil Presiden, dan anggota kabinet melaksanakan kegiatan ini dengan mengenakan pakaian lapangan Komponen Cadangan (Komcad). 

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi mengatakan para Menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, Utusan Khusus, hingga Penasihat Khusus Presiden menjalani latihan baris-berbaris. Kegiatan diawali dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh para pelatih dari Akademi Militer Magelang. 

Setelah berolahraga selama sekitar 30 menit, kata Hasan, kegiatan dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris.

"Para Menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, hingga Penasihat Khusus Presiden dibagi ke dalam lima kelompok. Di setiap kelompok, disediakan masing-masing tiga pelatih baris-berbaris," ujarnya.

"Presiden Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta Panglima TNI dan Kapolri juga turut serta dalam latihan tersebut. Jenderal (Purn) Wiranto juga mengikuti latihan bersama para anggota kabinet," pungkasnya.
 

Topik Menarik