Pramono Siapkan Program Sarapan Gratis, Senafas dengan Pusat Libatkan UMKM

Pramono Siapkan Program Sarapan Gratis, Senafas dengan Pusat Libatkan UMKM

Terkini | okezone | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 19:33
share

JAKARTA - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung mengatakan akan jalankan program sarapan gratis bagi siswa di Jakarta. Hal itu dilakukan agar senafas dengan program makan bergizi gratis yang dilakukan pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pramono mengatakan bakal melibatkan UMKM dalam program ini. Ia menyebut dana APBD Jakarta mencukupi untuk melakukan program sarapan gratis.

"Saya lihat di APBD Jakarta sudah ada untuk mendukung Makan Siang Bergizi Gratis, kalau saya belum lihat anggarannya pasti gak akan saya sampaikan. (Angkanya) yang jelas ada pokoknya," kata Pramono di Kampung Apung, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (25/10/2024).

Pramono menambahkan menu sarapan gratis di Jakarta nantinya nasi uduk dan melibatkan pelaku UMKM.

"Oh iya. Kalau di Jakarta ya Nasi Uduklah. Yang paling penting UMKM-nya dilibatkan," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Pramono Anung, bakal menyiapkan dana hibah Rp300 miliar untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal tersebut dilakukan lantaran menurutnya, problem utama UMKM adalah permodalan.

"Saya akan mengalokasikan dari dana APBD yang ada untuk hibah bagi UMKM sebesar Rp300 miliar," ujar Pramono, Jakarta, Kamis 24 Oktober 2024.

 

Dikatakan Pramono, UMKM adalah penopang ekonomi Jakarta. Bahkan, berkat UMKM, pemerintah Indonesia bisa survive saat dilanda pandemi Covid-19 lalu. "Waktu itu saya masih jadi menteri sehingga itulah yang menyelamatkan pertumbuhan ekonomi kita," ungkap Pramono.

Namun, karena dana tersebut bersifat hibah, ia mengatakan harus dipertanggungjawabkan sebagai bagian dari perputaran untuk membantu dan memstimulasi supaya warga UMKM yang membutuhkan ada perlindungan dari pemerintah.

Topik Menarik