Mau Nonton Timnas Indonesia vs Jepang? Suporter Wajib Punya Garuda ID!

Mau Nonton Timnas Indonesia vs Jepang? Suporter Wajib Punya Garuda ID!

Berita Utama | okezone | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:05
share

JAKARTA – Suporter yang ingin menonton laga Timnas Indonesia vs Timnas Jepang wajib memiliki Garuda ID. Setelah memiliki akun, nantinya suporter bisa membeli tiket laga kandang untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tersebut.

Anggota Komite Eksekutif PSSI (Exco PSSI), Arya Sinulingga, menjelaskan alasan suporter wajib memiliki Garuda ID untuk membeli tiket Timnas Indonesia. Ia menyampaikan manuver ini dilakukan demi keamanan penonton.

Koreografi suporter di laga Timnas Indonesia vs Timnas Australia (Foto: MPI/Andika Rachmansyah)

PSSI memutuskan hal tersebut setelah melakukan evaluasi pada laga kandang melawan Timnas Australia pada September 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Pasalnya, saat itu cukup banyak kekurangan.

Apalagi pada laga tersebut, terdapat penonton jebolan. Kemudian, ada juga oknum penonton yang membuat tidak nyaman.

Berkaca dari situ, PSSI kini membuat sistem baru kepada suporter yang ingin membeli tiket Timnas Indonesia dengan wajib memiliki Garuda ID. Itu dilakukan agar keamanan penonton selama berada di stadion terjaga. Langkah ini juga untuk mencegah calo tiket.

“Kami lihat banyak sekali suporter atau penonton masuk ke lapangan yang kami lihat di luar dari kapasitas yang ada. Lalu, juga ada kejadian ketika ada penonton atau suporter yang mau menonton dia bawa bawa tiketnya, ternyata tiketnya sudah pernah dipakai,” kata Arya, kepada wartawan termasuk MNC Portal Indonesia (MPI), dikutip Sabtu (26/10/2024).

“Jadi kata kunci pertama yang kami lihat adalah masalah keamanan. Kami melihat keamanan di stadion itu jadi meragukan ke depannya, sementara antusiasme suporter untuk menonton di SUGBK sangat tinggi,” ungkap pria berkacamata itu.

“Kemudian juga kita lihat ada beberapa kejadian di mana ada suporter atau penonton yang masuk yang masuk merokok dan sebagainya, bahkan mengganggu penonton lainnya. Bahkan kita lihat juga banyak suporter atau penonton yang duduknya di luar dari kursi yang ada,” lanjut Arya.

Topik Menarik