Gunung Marapi Meletus 2 Kali, Warga: Dentuman Tak Terdengar, Tapi Abunya Tinggi

Gunung Marapi Meletus 2 Kali, Warga: Dentuman Tak Terdengar, Tapi Abunya Tinggi

Terkini | okezone | Minggu, 27 Oktober 2024 - 09:07
share

PADANG - Gunung Marapi di Sumatera Barat, sekira pukul 07.00 WIB kembali menyemburkan abu vulkanik dengan ketinggian kolom sekira 1.000 meter, kemudian pada pukul 07.36 Wib Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam dan Tanah Datar kembali menyemburkan abu setinggi 800 meter.

Menurut Robert warga Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, abunya cukup tinggi bisa dilihat dari Sungai Tarab. “Dentuman tidak terdengar, tapi abunya cukup tinggi,” ujarnya, Minggu (27/10/2024).

Laporan dari Pos Pengamat Gunung Api, Gunung Marapi di Bukittinggi, mereka mereka kejadian itu sekira pukul 07.00 WIB, dimana tinggi kolom abu mencapai 1.000 meter dari kawa puncak. 

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 27 mm dan durasi sementara ini  2 menit 11 detik,” tulisnya.

 

Kemudian erupsi kedua terjadi pada pukul 07.36 Wib dengan tinggi kolom abu 800 meter di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3.6 mm dan durasi sementara ini 1 menit 10 detik.

Dengan kondisi pihaknya meminta seluruh warga dan wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius tiga kilometer dari pusat erupsi. Kejadian erupsi ini sejak kemarin sampai hari ini sudah lebih aktif daripada sebelumnya.

Topik Menarik