Mengenal Kondisi Jam Koma yang Viral Dialami Gen Z, <i>Relate</i>-kah?

Mengenal Kondisi Jam Koma yang Viral Dialami Gen Z, Relate-kah?

Terkini | okezone | Minggu, 27 Oktober 2024 - 15:08
share

Media sosial tengah diramaikan dengan istilah jam koma yang viral dibahas para netizen. Kondisi tersebut menjadi perbincangan lantaran relate dan sering dialami para Gen Z.

Istilah jam koma ini mulai bertebaran di media sosial saat terekam sejumlah momen Gen Z Jakarta mulai kehilangan fokus. Kondisi tersebut bahkan sering diamali oleh anak muda saat mereka berkegiatan sehari-hari.

Lantas, apa itu istilah jam koma?

Berdasarkan dari konten yang beredar di media sosial, istilah jam koma merupakan kondisi di mana pikiran mulai tak fokus saat melakukan aktivitas. Kondisi tersebut bisa terjadi akibat kelelahan sehingga kegiatan yang sedang dilakukan bisa terganggu lantaran kurangnya fokus.

Jam koma ini juga dapat dikatakan kondisi di mana aktivitas yang sedang dilakukan tidak sinkron dengan otak. Bahkan, hal-hal kecil pun bisa terlewat karena lelahnya pikiran dan fisik yanh bisa memengaruhi fokus seseorang.

Kelelahan

Salah satu contoh kondisi jam koma yang ramai di kalangan Gen Z seperti yang diunggah akun X, @howdareyou010. Video tersebut memerlihatkan momen saat seseorang tak fokus dengan aktivitas yang ia lakukan.

Terlihat seorang wanita tengah mengambil uang di mesin ATM. Namun, uang tersebut justru tak ia ambil dan ditinggal pergi begitu saja.

Adapula momen saat penumpang ojek online lupa mengembalikan helm yang ia gunakan. Penumpang tersebut terlihat tak fokus dan pergi membawa helm driver tersebut.

 

Melansir Healthline, kelelahan sering kali terjadi bersamaan dengan gejala-gejala lain, seperti depresi dan kurangnya keinginan untuk melakukan aktivitas. Kelelahan berlebih bisa berdampak pada otak hingga sulit berkonsentrasi atau fokus.

Untuk itu, mengatasi kondisi jam koma ini perlu dengan istirahat yang cukup dengan mengelola stres. Dengan begitu, tubuh bisa lebih sehat dan pikiran bisa semakin fokus.

Topik Menarik