BEM Fisip Unair Dibekukan Dekanat Usai Bikin Karangan Bunga Bernada Satir Soal Pelantikan Prabowo-Gibran 

BEM Fisip Unair Dibekukan Dekanat Usai Bikin Karangan Bunga Bernada Satir Soal Pelantikan Prabowo-Gibran 

Terkini | okezone | Minggu, 27 Oktober 2024 - 14:27
share

JAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, dibekukan Dekanat gegara membuat ucapan selamat bernada satir atas pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka lewat karangan bunga.

Pemasangan karangan bunga tersebut dilakukan pada Selasa, 22 Oktober 2024, di Taman Barat FISIP. Karangan bunga itu tak lama bertahan karena cuaca hujan, namun karya tersebut viral di platform X dan TikTok, salah satunya di akun @kegblgnunfaedh.

Atas kejadian itu, Ketua Komisi Etik Fakultas memanggil BEM FISIP Unair, yang diketuai oleh Tuffahati Ullayyah, untuk meminta klarifikasi mengenai kepemilikan karangan bunga tersebut. Tauffahati bersama wakil dan menteri kajian politik serta kajian strategis, memenuhi panggilan Komisi Etik.

 

Setelah pertemuan tersebut, BEM FISIP Unair menerima surat resmi dari dekanat yang menyatakan pembekuan organisasi tersebut. Surat tersebut bernomor 11048/TBUN3/FISIP/KM/042024.

Tuffahati mengatakan, pihaknya mendapatkan surat elektronik (email) soal pemberitahuan pembekuan BEM dari Dekanat pada Jumat 25 Oktober 2024 sore.

"Karangan bunga tersebut adalah karya seni satir yang bertujuan untuk mengungkapkan ekspresi kekecewaan atas rentetan fenomena yang terjadi selama Pemilu 2024," kata Tuffa seperti dikutip dari akun @kegblgnunfaedh, Minggu (27/10/2024).

Hingga saat ini, BEM FISIP Unair masih melakukan penguatan internal dan belum ada proses diskusi lebih lanjut dengan Dekan FISIP terkait surat pembekuan. Pertemuan dengan Dekan FISIP dijadwalkan pada Senin 28 Oktober 2024, pada pukul 08.00 WIB

Topik Menarik