Profil dan Biodata Eliano Reijnders, Adik Bintang AC Milan yang Jadi Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Profil dan Biodata Eliano Reijnders, Adik Bintang AC Milan yang Jadi Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Olahraga | inews | Selasa, 10 September 2024 - 20:43
share

JAKARTA, iNews.id - Profil dan biodata Eliano Reijnders menarik perhatian pencinta sepak bola Tanah Air. Sebab, pemain PEC Zwollle itu dirumorkan akan jadi calon pemain naturalisasi di Timnas Indonesia. 

Tak hanya Eliano, ada satu pemain berdarah Belanda-Indonesia lagi yang segera ganti berkewarganegaraan.

Pemain yang dimaksud adalah Mees Hilgers. Keduanya pun telah bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir beberapa waktu lalu. 

Hal itu dibuktikan dengan unggahan Erick di akun Instagram pribadinya, @erickthohir, Jumat (6/9).

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu juga menulis sebuah caption, "Tadi sore banyak teman wartawan menanyakan kabar Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Ini saya sudah makan malam bareng dan salaman." 

Kabar itu pun sontak membuat penggemar Timnas Indonesia penasaran dengan sosok adik pemain AC Milan, Tijjani Reijnders. Eliano pun nantinya akan jadi opsi bek kanan pelatih Shin Tae-yong. 

Berikut informasi mengenai profil dan biodata Eliano Reijnders. 

Profil dan Biodata Eliano Reijnders

Eliano Reijnders lahir di Tampere, Finlandia pada 23 Oktober 2000. Pemain yang di bulan depan akan genap berusia 24 tahun itu merupakan pemain versatile.

Ia sanggup main di posisi bek kanan, gelandang serang, dan penyerang sayap kiri.

Seperti disebutkan sebelumnya, Eliano adalah adik Tijjani Reijnders yang merupakan penggawa klub Serie A, Ac Milan dan Timnas Belanda. 

Keduanya lahir dari pasangan Martin Reijnders yang berkewarganegaraan Belanda dan Angelina Lekatompessy yang memiliki darah keturunan Maluku.

Sebagai informasi, sang ayah Martin Reijnders dulunya merupakan seorang pesepakbola.

Ia malang melintang di berbagai klub Belanda, Finlandia, bahkan Amerika Serikat. Sebelum akhirnya memilih gantung sepatu pada 2009. 

Melihat silsilah tersebut, Eliano dan Tijjani pun berpeluang untuk menentukan kewarganegaraannya, antara Belanda dan Indonesia. 

Pada akhirnya sang kakak, Tijjani lebih memilih untuk berkewarganegaraan Belanda. Hal itu pun membuatnya bisa memperkuat Timnas Belanda. 

Keputusan itu sekaligus memupus harapan PSSI yang sempat berminat untuk menaturalisasi eks pemain AZ Alkmaar tersebut. 

Tijjani yang moncer bersama AC Milan di musim perdananya pun memuluskan jalannya untuk memperkuat skuad Die Oranje.

Pemain yang identik dengan nomor punggung 14 itu pun masuk skuad Ronald Koeman yang mentas di EURO 2024. 

Nasib berbeda justru dihadapi oleh sang adik, Eliano. Hingga berusia 23 tahun pemain yang bernilai Rp11,30 miliar itu belum mendapatkan panggilan dari Timnas Belanda, baik di level junior maupun senior. 

Hingga munculah berita mengenai Eliano yang segera berganti kewarganegaraan menjadi Indonesia. Pemain bernomor punggung 23 di PEC Zwolle itu pun akan jadi pemain naturalisasi berikutnya setelah Calvin Verdonk pada Juni 2024. 

Perjalanan Karier di Level Klub Eliano Reijnders

Menurut transfermarkt, Selasa (10/9/2024), Eliano sempat menimba ilmu sepak bola di akademi FC Twente hingga tahun 2015. Di tahun yang sama, pemain bertinggi 1,68 m itu main di CSV '28 Zwolle hingga pada akhirnya direkrut PEC Zwolle di musim berikutnya. 

Sebelum diorbitkan ke tim senior PEC Zwolle pada musim 2020/2021, Eliano sempat memperkuat beberapa tim kelompok umur klub tersebut, seperti U-17, U-19, hingga tim B. 

Meski di musim perdananya sanggup main di 26 laga, PEC Zwolle memutuskan untuk meminjamkan sang pemain ke FC Utrecht U-21 selama semusim. Di musim 2022/2023, eks pemain akademi FC Twente itu bermain di 35 laga pada Keuken Kampion Divisie alias divisi keduanya Liga Belanda. 

Di musim 2023/2024 Eliano total bermain di 33 laga pada semua kompetisi. Meski kerap jadi pemain starting eleven, ia tak mampu bawa timnya bersaing di papan atas dan harus finish di peringkat ke-12 klasemen akhir Eredivisie. 

Demikian ulasan mengenai profil dan biodata Eliano Reijnders. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik