Terungkap! Ini Alasan Graham Arnold Tinggalkan Timnas Australia

Terungkap! Ini Alasan Graham Arnold Tinggalkan Timnas Australia

Olahraga | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 10:18
share

SYDNEY, iNews.id - Alasan Graham Arnold mundur dari kursi Pelatih Timnas Australia terungkap. Dia mengatakan sudah saatnya tim berjuluk Socceroos itu ditangani juru taktik baru.

Performa Australia memang tengah melempem. Alessandro Circati dan kolega gagal menang pada dua laga awal Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga.

Socceroos dikalahkan Bahrain 0-1 dan ditahan imbang Timnas Indonesia 0-0. Akibatnya Australia kini duduk di posisi kelima klasemen Grup C berbekal 1 poin.

Hal tersebut yang membuat Graham Arnold merasa perlu mundur sejak menjabat pada 2018. Dia mengutarakan niatnya ke Federasi Sepak Bola Australia dan disetujui.

"Memimpin Socceroos telah menjadi puncak karier saya dan merupakan kehormatan sejati. Saya sangat bangga dengan pencapaian kami – mulai dari memecahkan rekor hingga membina bakat baru dan membuat sejarah di panggung global," kata Arnold dikutip dari situs Socceroos, Jumat (20/9/2024).

"Setelah mempertimbangkan dengan saksama, saya yakin inilah saatnya kepemimpinan baru untuk membimbing tim maju," ujarnya.

CEO Football Australia Football Australia James Johnson langsung bergerak cepat mencari pelatih baru. Sebab Socceroos bakal mentas di lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga, bulan depan.

"Fokus kami sekarang beralih untuk menemukan kandidat yang tepat yang dapat membangun fondasi yang ditinggalkan Graham dan membimbing tim maju dengan percaya diri," tutur Johnson.

"Waktu adalah hal terpenting, dan kami berkomitmen penuh untuk membuat transisi semulus mungkin agar Socceroos tetap berada di jalur yang tepat untuk meraih kesuksesan yang berkelanjutan," ucapnya.

Socceroos akan menjamu China di Adelaide pada 10 Oktober. Setelahnya Australia menghadapi Jepang yang tak terkalahkan di Saitama pada 15 Oktober.

Topik Menarik